Menuju 10.000 partisipan!

Hi semua! Masih ingat dengan penelitian yang saya lakukan mengenai asosiasi kata? Kalau lupa, boleh mengintip kembali cerita saya mengenai penelitian ini disini ya (Mohon kesediaannya untuk berpartisipasi dalam penelitian asosiasi kata).

Intinya, penelitian ini bertujuan untuk membuat jejaring kata layaknya kamus mental yang bentuknya akan berupa seperti jaring neuron di otak. Berbeda dengan buku kamus, kami akan menggunakan asosiasi kata untuk mempelajari arti kata dan kata-kata apa saja yang tersentralisasi dalam pikiran manusia. Penelitian ini bekerja sama dengan dua universitas dari dua benua yang berbeda lho, Universitas KU Leuven, Belgia dan University of Melbourne, Australia.

Contoh hasil asosiasi kata ‘Indonesia’ dalam jejaring kata

Untuk membuat jejaring yang valid dan ajeg, kami membutuhkan setidaknya 100.000 partisipan! Sedikit updates, tahun ini kami berhasil membuat lonjakan partisipan, dimana pada awal tahun 2020, kami memiliki sekitar 3500 partisipan, dan hingga 24 November 2020 ini, kami berhasil mengumpulkan 9.357. Kok bisa? Dengan susah payah, kami mencoba mengiklankan penelitian ini melalui beberapa sosial media, terutama Facebook dan Instagram. Ini salah satu video yang dibuatkan untuk kami (https://fb.watch/1YjPIaDPRk/) oleh perusahan iklan berbayar #korekdompet.

Jumlah partisipan hingga 24 November 2020 (sumber: https://smallworldofwords.org/id/project/stats)

Apakah sudah cukup partisipannya? Tentu saja, belum. Ini baru 10% nya! Untuk itu, saya masih mengharapkan bantuan kalian untuk berpartisipasi dan menyebarluaskan penelitian ini ya. Jika kalian adalah orang Indonesia, yang fasih menggunakan bahasa Indonesia, usia berapapun, kalian adalah orang yang tepat untuk berpartisipasi!

Pingin ikut penelitiannya: https://smallworldofwords.org/id/

Penasaran lihat asosiasi kata lainnya? Kamu bisa coba disini: https://smallworldofwords.org/id/project/visualize

Kamu bisa berpartisipasi lebih dari sekali lho!

Terima kasih banyak dan salam SCOPUS!

Farah Mutiasari Djalal, Ph.D