Mohon kesediaannya untuk berpartisipasi dalam penelitian Asosiasi Kata!

Kepada para pembaca dan siapapun yang berbahasa ibu Bahasa Indonesia, mohon kesediaannya untuk berpartisipasi dalam penelitian psikologi dengan tema Asosiasi Kata (Word Association).

Penelitian ini bertujuan untuk membuat jejaring kata layaknya dalam mental dictionary yang bentuknya akan berupa seperti jaring neuron di otak. Berbeda dengan buku kamus, kami akan menggunakan asosiasi kata untuk mempelajari arti kata dan kata-kata apa saja yang tersentralisasi dalam pikiran manusia.

Jika projek ini berjalan, diharapkan akan berguna tidak hanya untuk para peneliti psikologi, tapi juga untuk penelitian-penelitian bagi para linguist dan neuro-scientists mengenai bagaimana suatu bahasa diproses dan terrepresentasi dalam pikiran manusia. Projek asosiasi kata ini sudah berlangsung antara lain dalam Bahasa Inggris, Belanda, Cina, Vietnam, dan masih banyak lagi (silahkan lihat https://smallworldofwords.org/id).

Saatnya kita buat dalam bahasa tercinta kita, Bahasa Indonesia!

Bentuk Jejaring Asosiasi kata dalam Bahasa Inggris

Anda dapat membantu kami dalam membangun sebuah jejaring (network) kata dengan cara ikut berpartisipasi dalam permainan asosiasi kata ini. Penelitian ini hanya akan memakan 5 menit dari waktu Anda. Dijamin mudah dan menyenangkan! Anda hanya akan diminta untuk menuliskan 3 kata yang muncul pertama kali dalam pikiran Anda untuk setiap kata yang akan Anda lihat. Semua orang dari segala usia dan berbagai latar belakang diperbolehkan untuk turut berpartispasi, asalkan orang tersebut fasih berbahasa Indonesia.

Untuk mendapatkan jumlah kata-kata yang cukup sehingga mampu membuat sebuah jejaring kata layaknya kamus mental yang berguna, kami membutuhkan jumlah partispasi yang cukup besar, hingga 100.000 orang!

Jika Anda bersedia membantu, dimohon untuk menyebarkan link penelitian ini kepada keluarga, teman, atau Anda dapat melakukannya kembali di lain waktu dengan respon jawaban yang berbeda.

Silahkan klik link berikut untuk mencari tahu lebih lanjut tentang penelitian ini ataupun untuk langsung berpartisipasi:

https://smallworldofwords.org/id

Terima kasih banyak ya!!!

Farah Mutiasari Djalal