9 Langkah Pintar Belajar Mandiri

Dengan adanya kondisi sekarang terkait virus COVID-19, pemerintah telah mengeluarkan kebijakan dimana para siswa hingga mahasiswa dianjurkan untuk belajar di rumah, sekaligus para pekerja untuk bekerja dari rumah (Work From Home). BINUS University juga bergerak melakukan upaya-upaya untuk melindungi mahasiswa dan civitas akademikanya melalui metode online learning. Sesuai dengan anjuran pemerintah, BINUS University lekas mengubah perkuliahan menjadi metode daring (online) dengan panduan GSLC (Guided Self Learning Class). Perubahan metode perkuliahan ini dilakukan mulai tanggal 18 Maret 2020 hingga semester Genap 2019/2020 berakhir. Dengan adanya kebijakan ini, semua perkuliahan dan ujian akan dilakukan secara online dari rumah masing-masing para mahasiswa dan Bapak/Ibu dosen.

Ingat faktanya!

Dengan adanya kebijakan belajar dari rumah ini, bukan berarti para mahasiswa diliburkan tanpa adanya perkuliahan dan kewajiban lainnya. Perkuliahan tetap berlanjut seperti biasa, hanya saja dengan metode yang berbeda. Jadi, diharapkan para mahasiswa sekalian tidak melupakan kewajibannya masing-masing.

Jadi, apa yang harus dilakukan?

Harus mulai dari mana?

Jika Anda memiliki kebingungan tersebut, mari simak langkah-langkah pintar dalam belajar menggunakan metode belajar mandiri di bawah ini:

  1. Menentukan mata kuliah yang akan dipelajari hari ini
  2. Mempersiapkan kebutuhan yang diperlukan untuk belajar (contoh: digital content, materi perkualiahan online, resources dari BINUSMAYA, buku, dll)
  3. Menentukan tempat yang nyaman untuk belajar (contoh: kamar, ruang belajar, ruang makan, ruang keluarga, dll)
  4. Menentukan target belajar yang ingin dicapai hari ini
  5. Menentukan kapan belajar dimulai dan berapa lama belajar akan berlangsung
  6. Mengatur kecepatan belajar yang sesuai dengan deadline dan kemampuan diri masing-masing
  7. Memperkirakan kemajuan apa yang ingin diperoleh setelah pembelajaran hari ini
  8. Memperkirakan hal-hal apa saja yang dapat menghambat berlangsungnya proses belajar (contoh: games, social media)
  9. Melakukan hal-hal yang dapat meningkatkan motivasi (contoh: mendengarkan musik)

9 langkah pintar belajar mandiri di atas diadaptasi dari 13 langkah memulai projek belajar mandiri yang dikemukakan oleh Tough (1971) yang sempat dibahas juga pada tulisan sebelumnya mengenai Self-Directed Learning

Keep learning and stay healthy!

 

Referensi:

Tough, A. (1971). The adult’s learning project: a fresh approach to theory and practice in adult learning. Toronto: OISE.

Jurusan Psikologi BINUS