4 Aspek Self-Love

Setelah membahas 10 langkah untuk membangun rasa cinta pada diri sendiri pada kesempatan berikutnya (10 steps to self-love: https://psychology.binus.ac.id/2020/02/20/10-steps-to-self-love/), hari ini saatnya untuk membahas aspek-aspek dari self-love itu sendiri. Keempat aspek berikut ini perlu diketahui agar seseorang dapat memiliki rasa cinta kepada diri sendiri seutuhnya.

  1. Self-awareness

Self-awareness merupakan kesadaran diri seseorang akan proses berpikirnya. Proses berpikir yang dimaksud disini yaitu pikiran yang dimiliki individu, bagaimana pikiran tersebut mempengaruhi individu, dan bagaimana pengaruh emosi terhadap tindakan individu. Kesadaran diri yang baik dapat membantu untuk mengetahui bagaimana cara menanggapi berbagai macam hal maupun situasi secara efektif. Dengan begitu, individu dapat terhindar dari situasi yang menurutnya kurang nyaman. Satu tips yang dapat dilikakukan untuk meningkatkan self-awareness: membuat catatan harian mengenai pikiran, emosi, dan tindakan yang dilakukan.

  1. Self-worth

Self-worth adalah keyakinan yang dimiliki seseorang mengenai dirinya. Self-worth yaitu ketika seseorang menyadari bahwa dirinya berharga terlepas dari pencapaian atau kualitas yang dimilikinya. Seseorang tidak perlu memenuhi kriteria maupun melakukan suatu hal tertentu untuk merasa berharga.

  1. Self-esteem

Berbeda dengan self-worth, self-esteem lebih terikat pada kualitas dan pencapaian yang dimiliki individu. Self-esteem yaitu dimana individu merasa puas dan nyaman dengan siapa ia sebenarnya, dimana ia berada, hingga hal-hal yang dimilikinya. Self-esteem seseorang dapat meningkat jika ia memiliki tingkat self-worth yang baik.

  1. Self-care

Self-care merupakan tindakan yang dilakukan seseorang untuk menjaga kesehatan dirinya. Individu dapat melakukan hal-hal yang ia sukai untuk menjaga kesehatan dirinya. Dimulai dari mendengarkan musik, menonton film, menghabiskan waktu bersama orang-orang yang membuatnya nyaman, dan masih banyak lagi.

Referensi:

Mutiwasekwa, S. L. (2019, November 12). Self-love. Diperoleh dari: https://www.psychologytoday.com/us/blog/the-upside-things/201911/self-love

 

Jurusan Psikologi BINUS