10 Steps to Self-Love

 

Apakah kamu sering merasa kalo diri kamu kurang cukup? Atau mungkin kamu sering menjatuhkan diri kamu sendiri? Yuk kita sama-sama membangun rasa cinta pada diri sendiri dengan 10 langkah di bawah ini

  1. To have self-esteem, start by doing esteemable things.

Nah langkah pertama yang bisa kita lakukan yaitu membangun self-esteem dengan cara melakukan hal-hal yang terhormat. Apa sih yang sebenarnya dimaksud dengan terhormat disini? Maksudnya yaitu kamu dapat mulai dengan melakukan tindakan yang sesuai dengan value yang kamu yakini. Seperti contohnya, kamu memiliki value bahwa tanggung jawab merupakan hal yang sangat penting. Oleh karena itu, kamu melakukan semua kewajiban kamu dengan penuh tanggung jawab. Dengan adannya kesesuaian antara value dan tindakan yang dilakukan, kamu dapat merasa nyaman dengan diri sendiri.

  1. Acknowledge all parts of yourself

Langkah yang kedua yaitu kamu dapat berlatih untuk menerima semua bagian dari diri kamu sepenuhnya. Mulai dari bagian diri kamu yang kamu sukai hingga kamu kurang sukai. Tidak ada salahnya untuk menerima semua bagian yang kamu miliki. Ingat, mereka adalah kamu. It’s okay, yuk latihan.

  1. Affirmations

Mungkin kita sering memberikan afirmasi kepada orang lain atau mendapatkannya dari orang lain. Tetapi secara sadar maupun tidak sadar, kita jarang memberi afirmasi atau penguatan kepada diri sendiri. Kamu bisa mulai berlatih untuk berpikir atau menulis pernyataan yang positif untuk diri sendiri. Seperti contohnya, “I am good” “I am enough.” Hal ini perlu dilakukan agar kamu dapat memandang diri kamu dari sisi yang lebih positif dan merasa berharga.

  1. Speak your truth

Langkah yang keempat ini, yaitu kamu dapat mulai berlatih untuk mengatakan apa yang sebenarnya kamu rasakan atau pikirkan. Mungkin secara tidak sadar, kita memiliki kebiasaan untuk tidak mengekspresikan apa yang sebenarnya kita rasakan atau pikirkan karena rasa takut akan dinilai tidak baik oleh orang lain, ingin memuaskan orang lain, dan sebagainya. Ayo perlahan-lahan kita latihan, it’s okay to speak your truth.

  1. Daily inventories

Kamu bisa nih mulai menulis daftar mengenai bagaimana keseharian kamu sebelum tidur. Merefleksikan kembali mengenai kekuatan kamu, hal-hal apa saja yang berhasil kamu lakukan, hingga hal-hal yang ingin kamu kembangkan kedepannya. Ada baiknya jika kamu tidak hanya fokus dalam menulis hal-hal yang kurang memuaskan, tetapi juga menuliskan mengenai hal-hal baik yang kamu lakukan di hari itu.

  1. Connect with those who feed your soul

Bagaimanapun, kita merupakan makhluk sosial yang membutuhkan orang lain. Kamu dapat meningkatkan self-love dengan cara berhubungan dengan orang-orang yang menerima kamu apa adanya sekaligus membuat kamu terus berkembang.

  1. Cultivate gratitude

Langkah ketujuh, yaitu kamu dapat berlatih untuk merasa bersyukur pada setiap hal yang kamu miliki atau lakukan. Merasa bersyukur bukan hanya dapat diperoleh dari hal-hal yang besar saja bukan? Kamu juga dapat bersyukur mengenai hal-hal sederhana, seperti contohnya “aku merasa bersyukur dapat menjalani kegiatan hari ini.” Yuk coba untuk bersyukur mengenai setidaknya satu hal setiap harinya.

  1. Practice compassion and forgiveness

Selain penting untuk memaafkan dan memberi kasih sayang kepada orang lain, penting juga loh untuk melakukan kedua hal tersebut pada diri sendiri. Dear friends, don’t be too hard on yourself! You deserve kindness from yourself too.

  1. Learn to laugh at yourself

Kamu juga dapat meningkatkan self-love dengan menertawakan diri kamu sendiri. Dengan menertawakan diri sendiri, kamu dapat menerima diri sendiri apa adanya dan memperlakukan diri kamu dengan baik. Ingat, menertawakan diri sendiri bukan berarti kamu menjatuhkan diri ya teman-teman.

  1. Be of service

Langkah terakhir, yaitu kamu dapat berlatih untuk menolong orang lain tanpa melewati batas yang sebenarnya kamu miliki. Dengan begitu, kamu dapat berbuat baik kepada orang lain dan diri kamu sendiri pada waktu yang bersamaan.

Referensi:

Rose, H. (2019, July 17). 10 steps to self-love. Psychology Today. Diperoleh dari: https://www.psychologytoday.com/us/blog/working-through-shame/201907/10-steps-self-love

 

Jurusan Psikologi BINUS

  1. tentang self-love kakak jurnal