Brand Loyalty Attachment : Kenapa kita merasa dekat dengan brand
Strategi marketing di era sekarang sudah mulai kreatif dimana penggunaan metrik dari konten viral di media sosial membuat para perusahaan sudah mulai menggunakan pendekatan yang lebih kreatif. Pendekatan yang kreatif ini bisa berbagai macam seperti konten “A Day in My Life”, merespon sebuah konten dengan fitur stitch di TikTok, hingga membuat konten yang memiliki sentimen yang mudah dirasakan oleh berbagai kalangan usia.
Brand loyalty memiliki banyak faktor, namun paling penting adalah bagaimana sebuah brand menyampaikan nilai mereka kepada audiens. Nilai ini tidak hanya keunggulan produk, namun tanggung jawab, visi dan misi perusahaan beserta karyawan juga diperhatikan. Dengan berbagai sumber informasi baik dari pengalaman pekerjaan, testimoni produk, bagaimana perusahaan merespon audiens adalah bukti bagaimana audiens tertarik tidak hanya kepada produknya, namun kepada brandnya. Hal ini menjadi tantangan tiap perusahaan.
Ketika kita sudah tertarik hingga terikat dengan sebuah brand karena nilai dan reputasi mereka, kita juga mulai ada rasa ingin membeli sebuah produk bukan karena produk, namun juga brand. Hal ini menunjukkan bahwa dalam meningkatkan brand loyalty, transparansi perusahaan merupakan hal utama dalam menarik para audiens.
Referensi
Ghorbanzadeh, D., & Rahehagh, A. (2020). The role of emotional structures in the relationship between satisfaction and brand loyalty. Cogent Psychology, 7(1). https://doi.org/10.1080/23311908.2020.1782098 Mandung, F. (2024).
The influence of storytelling techniques in digital marketing on Brand Loyalty: A Consumer Psychology Perspective. Golden Ratio of Marketing and Applied Psychology of Business, 5(1), 66–78. https://doi.org/10.52970/grmapb.v5i1.782 Zhang, S., Peng, M. Y., Peng, Y.,
Psychology behind developing Brand Loyalty in Marketing | USC MAPP Online. (n.d.). https://appliedpsychologydegree.usc.edu/blog/psychology-behind-developing-brand-loyalty
Zhang, Y., Ren, G., & Chen, C. (2020). Expressive brand relationship, brand love, and brand loyalty for tablet PCs: Building a sustainable brand. Frontiers in Psychology, 11, 231. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2020.00231
https://unsplash.com/photos/a-person-holding-a-cell-phone-in-their-hand-Ebb8fe-NZtM

Comments :