Bekasi, 18 September 2024 – Universitas Bina Nusantara jurusan Psikologi menyelenggarakan kegiatan trial class di ruang 401 Laboratorium Psikologi kampus Bekasi untuk SMA Ignatius Slamet Riyadi Karawang. Kegiatan trial class dengan topik “Career in Psychology, Introduction to Psychology” yang dibawakan oleh Dr Istiani, M.Psi. Tujuan kegiatan ini untuk mengenalkan tentang Psikologi dan jenjang karir dalam dunia Psikologi kepada siswa SMA Ignatius Slamet Riyadi Karawang.

Kegiatan dimulai dengan ice breaking untuk menghangatkan suasana, menciptakan antusiasme dan bonding antara peserta dan pembawa acara. Ice breaking yang dilakukan adalah tebak siapakah aku yaitu dengan menyebutkan pertanyaan dan meminta peserta untuk menebak apa yang yang dimaksud dari pertanyaan tersebut, kemudian memilih 2 orang yang paling banyak menjawab akan mendapat hadiah snack. Dari sesi ice breaking ini para peserta terlihat antusias.

Setelah melakukan ice breaking, Ibu Isti menanyakan kepada peserta trial class “kenapa memilih untuk mengikuti kegiatan trial class untuk jurusan Psikologi?”, pertanyaan diberikan kepada masing-masing peserta dan peserta mengutarakan jawaban mereka dengan percaya dari dan kreatif.

Kemudian dilanjutkan dengan sesi penjabaran materi oleh Ibu Isti terkait topik “Career in Psychology, Introduction to Psychology”, Ibu Isti menjelaskan pemahaman dasar Psikologi seperti arti dari Psikologi itu sendiri, apa itu perilaku dan proses mental, karir di Psikologi akan menjadi apa saja di berbagai bidang, perbedaan dan persamaan S1 Psikologi dengan Psikolog Umum, area karir lulusan Psikologi S1, profesi lulusan S1 Psikologi, soft skill yang dapat dikembangkan, serta fenomena apa yang sedang terjadi untuk diskusi bersama.

Pada power point yang diberikan terdapat 1 slide yang menayangkan sebuah video, dari video tersebut peserta ditanya fenomena yang terjadi kemudian ibu Isti menjelaskan bahwa fenomena yang terjadi yaitu terdapat empati yang dilakukan oleh salah satu perempuan agar liftnya dapat tertutup dan bergerak, perempuan itu keluar dari lift padahal ia memakai tongkat untuk menopang kakinya dan orang disekitarnya sehat-sehat saja. Dari video tersebut yang dapat diambil adalah pentingnya memberikan empati kepada orang lain

Penulis:

● Desyta Billyana Lestari (2501984240)

● Regina Jessica Widya (2501971206)

Editor:

● Syafaa Alea Viyola Akbar (2502034452)