Beken Talk adalah acara pengayaan materi untuk para mahasiswa BINUS Bekasi dan juga mengajak mahasiswa untuk berdiskusi bersama. Beken Talk dihadiri oleh seluruh Binusian Bekasi dari semua jurusan. Binusian yang hadir secara online maupun offline akan mendapat poin SAT. Tujuan dari kegiatan Beken Talk adalah agar Binusian kampus Bekasi angkatan 2024, 2025, dan 2026 mendapat wawasan baru yang dapat ia terapkan dalam kehidupannya, terutama ilmu statistika bagi mahasiswa psikologi kampus Bekasi, yang sangat dibutuhkan dalam berbagai ilmu seperti menganalisa data, mengumpulkan data, dan bagaimana perencanaan penyusunan data.

Binusian juga dapat mengetahui alasan mengapa sebuah bidang ilmu dipelajari, dan mengikuti proses pembelajaran ilmu pengetahuan tersebut. Khususnya, acara literasi data ini agar mahasiswa psikologi kampus Bekasi dapat memahami penerapan statistika di berbagai bidang ilmu pengetahuan.

Beken Talk menerapkan model pengajaran dengan memberikan pendalaman materi dari berbagai bidang ilmu pengetahuan agar Binusian mampu mengelaborasi setiap materi yang diterima, tidak hanya dari mata kuliah sesuai jurusannya saja.

Beken Talk #1, atau Beken Talk sesi pertama, dilaksanakan pada hari Kamis, 20 Oktober 2022 di kampus BINUS Bekasi, dibawakan oleh Ibu Diena Dwidienawati selaku Head of Business Management. Ibu Diena mambawakan materi mengenai industrial analysis. Materi tersebut membahas mengenai apa persiapan yang harus dipertimbangkan sebelum memulai bisnis. Melalui materi tersebut, Ibu Diena mengajak para Binusian yang hadir melalui online dan juga offline bersama-sama membahas data yang sama di konteks yang berbeda-yang akan menghasilkan pemaknaan yang berbeda. Selain membahas persiapan untuk memulai bisnis, Ibu Diena juga menyampaikan bahwa produk yang akan kita jual harus sesuai dengan minat masyarakat sekitar dan situasi pasar produk tersebut. Pastikan juga, sebelum kita menjual sebuah produk, kita sudah tau strength dan weakness dari produk yang akan kita jual.

Ibu Diena juga menjelaskan bahwa pendekatan untuk memulai sebuah bisnis ada dua. Pendekatan internal dan eksternal. Pendekatan internal adalah kita membuat bisnis sesuai dengan passion dan hobi kita. Contohnya seperti passion dan hobi dalam membuat kue, maka kita membuka bisnis berjualan kue. Lalu pendekatan eksternal adalah memulai bisnis dengan mengajak para ahli di bidang tersebut untuk bekerja sama. Contohnya seperti seseorang yang tidak pandai make up, ingin membuka bisnis di bidang tata rias. Tetapi karena bukan passion maupun hobinya, ia mengajak MUA (Make Up Artist) untuk bekerja sama.

Materi yang dibawakan dalam Beken Talk #1: Industrial Analysis cukup menarik. Ternyata, mahasiswa yang tertarik dalam bisnis tidak hanya mahasiswa dari jurusan bisnis saja. Mahasiswa di luar jurusan bisnis juga mendapat insight mengenai dunia bisnis dan pemasaran dari mulai peluang bisnis, perkembangan pasar, dan mampu mengembangkan dasar teknik analisis industri.