Workshop pembelajaran diferensiasi (Differentiated Instruction) kerjasama antara Binus University dengan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Cendrawasih dilaksanakan pada tanggal 24 Agustus 2022. Kegiatan ini diselenggarakan secara on-site di Auditorium Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Cendrawasih dan dihadiri oleh dosen-dosen dari fakultas keguruan dan ilmu pendidikan Universitas Cendrawasih sebanyak 43 orang. 

Dalam kegiatan acara ini diisi oleh dua pembicara yaitu Bapak Muhammad Nanang Suprayogi dan Ibu Andrea Prita Purnama Ratri. Pada kegiatan ini pembicara pertama yaitu Bapak Muhammad Nanang Suprayogi membahas mengenai “Differentiated Instruction dan Penerapannya Dalam Pembelajaran”, seperti penjelasan apa itu differentiated instruction, bagaimana penerapannya dalam pembelajaran di kelas dan juga hasil penerapan differentiated instruction di kelas. Selanjutnya materi mengenai differentiated instruction ini dilanjutkan oleh Ibu Andrea Prita Purnama Ratri dengan membahas “Contoh Implementasi Differentiated Instruction di Perguruan Tinggi”, seperti menjelaskan langkah-langkah diferensiasi dan juga contoh implementasi differentiated instruction pada salah satu topik mata kuliah Learning and Cognitive. 

Kegiatan selanjutnya setelah pemaparan materi dari kedua pembicara adalah membuat lesson plan. Para partisipan yang terdiri dari para dosen diminta untuk membentuk kelompok sebanyak 5 kelompok yang satu kelompok diisi sebanyak 7-8 orang untuk membuat lesson plan pada topik mata kuliah yang telah disepakati di dalam kelompok dan menuliskannya di flipchart dan spidol yang telah dipersiapkan. Setelah selesai dalam membuat lesson plan, 3 kelompok maju kedepan untuk menjelaskan lesson plan yang telah mereka buat. 

Kegiatan acara tersebut berjalan dengan lancar dan kemudian acara ditutup dengan pemberian sertifikat kepada partisipan dan juga pembicara.