Adventurous and Innovative Learning Through Gamification
Pendahuluan
Beberapa hari yang lalu, salah satu kelas dari mata kuliah Innovative Learning Strategies menggunakan pendekatan baru dalam pembelajaran yaitu dengan menggunakan gamification. Gamifikasi dalam konteks strategi pembelajaran, merupakan sebuah konsep yang menerapkan elemen-elemen dalam permainan ke dalam aktivitas pembelajaran untuk meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa. Ada banyak strategi dan media yang dapat digunakan untuk gamifikasi dalam pembelajaran. Para mahasiswa di kelas ini diminta untuk memikirkan dan membuat contoh nyata dari gamifikasi dalam masing-masing kelompok untuk membuat pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan tidak monoton.
Hangman: Menebak Huruf, Melatih Logika
Strategi pertama yang dipresentasikan adalah menggunakan permainan hangman, yang mana teman-teman yang lain mencoba menebak huruf-huruf dalam kata yang disediakan sebelum gambar hangman berhasil terbentuk sepenuhnya. Meskipun sederhana, metode ini menyenangkan dan mendorong para siswa untuk aktif menebak dan berpikir tentang jawabannya. Metode ini dapat diterapkan dalam berbagai jenis pelajaran, khususnya untuk memperkuat kosakata ataupun istilah penting dalam pelajaran.
Tic Tac Toe: Permainan Klasik
Strategi kedua yang dipresentasikan adalah menggunakan permainan tic tac toe, permainan klasik yang dimodifikasi dengan para pemainnya perlu membentuk garis 3 grid secara horizontal, vertikal, atau diagonal sebanyak-banyaknya dengan menjawab soal sesuai space nomor yang dipilih. Tiap kelompok berusaha membentuk garis sebanyak-banyaknya sekaligus menggagalkan usaha kelompok lain untuk membuat garis. Metode ini menarik dan mendorong partisipasi aktif serta dapat digunakan pada pelajaran yang berbeda-beda.
Membuat Kalimat Cerita: Kreativitas Tanpa Batas
Strategi ketiga yang dipresentasikan adalah membuat kalimat cerita untuk pelajaran Bahasa Indonesia. Kami akan diberikan 3 kata dan kami harus menggunakan ketiga kata tersebut dalam cerita yang runtut. Kelompok yang tercepat membuat kalimat cerita panjang akan mendapatkan poin. Tiap kelompok berlomba-lomba untuk berpikir kreatif dan menyambungkan kata-kata membentuk cerita-cerita yang lucu. Ini dapat membuat pelajaran tidak terasa membosankan tetapi seru dan lucu juga.
Board Game: Strategi dan Keberuntungan
Strategi selanjutnya yang dipresentasikan adalah menggunakan board game seperti Monopoly. Masing-masing kelompok akan mendapatkan sejumlah uang di awal, dapat memilih pion mereka, dan memutar dadu, kemudian tentunya mereka perlu menjawab soal yang ada untuk membeli bangunan ataupun landmark di space yang mereka dapati. Setiap kelompok perlu memikirkan strategi untuk bisa memiliki sebanyak-banyaknya properti dalam game ini. Permainan sangat seru dan membuat para siswa dapat banyak belajar sekaligus memikirkan strategi memenangkan game ini. Dengan modifikasi, permainan ini bisa digunakan untuk berbagai mata pelajaran.
Ular Tangga: Jalan Penuh Kejutan
Strategi terakhir dari kelompok adalah menggunakan permainan ular tangga. Sama seperti strategi sebelumnya, setiap kelompok akan memilih pion terlebih dahulu. Setelah itu, mereka perlu menjawab pertanyaan yang diberikan terlebih dahulu sebelum mereka dapat memutar dadu untuk menjalankan pion mereka. Objektif dari permainan ini adalah untuk menjadi kelompok pertama yang sampai di garis finish. Permainan ini menarik karena selain mereka antusias dalam menjawab pertanyaan, ada juga elemen kejutannya yaitu, naik melalui tangga atau harus turun karena ular. Walaupun sederhana, strategi ini efektif dan dapat diterapkan di berbagai mata pelajaran, membuat pembelajaran menarik bagi para siswa.
Lesson Learned
Melalui sesi kali ini, kami jadi belajar banyak hal lewat gamifikasi dan melihat bahwa gamifikasi memiliki banyak jenis yang bisa dikembangkan dan diterapkan dalam proses pembelajaran. Dari pengalaman ini, kami juga melihat bahwa strategi pembelajaran yang digunakan akan berpengaruh juga pada motivasi dan partisipasi aktif dari para siswa. Dengan pendekatan pembelajaran yang tepat, belajar bisa menjadi petualangan yang seru dan penuh makna.





Comments :