Dosen Psikologi BINUS University kembali menunjukkan prestasi gemilang di kancah akademik internasional. Artikel ilmiah berjudul “Differentiation is Sometimes a Hit and Miss: Educator Perceptions of Differentiated Instruction in the Higher Education Sector” berhasil dipublikasikan di jurnal The Asia-Pacific Education Researcher. Jurnal ini merupakan salah satu jurnal terkemuka dengan indeks Scopus Q1, yang menunjukkan kualitas dan pengaruhnya di bidang psikologi pendidikan. Artikel ini terbit pada 13 September 2024.

Artikel ilmiah ini merupakan hasil kolaborasi riset antara dosen Psikologi BINUS University dan dosen dari Monash University, Australia. Kolaborasi internasional ini melibatkan penulis utama Pearl Subban dari Monash University, serta penulis dari BINUS University, yaitu Muhamad Nanang Suprayogi, Melly Preston, Annisa Nanda Liyani, dan Andrea Prita Purnama Ratri. Penelitian ini menggali lebih dalam mengenai implementasi differentiated instruction (DI) dalam kegiatan pembelajaran di perguruan tinggi, sebuah pendekatan pedagogi yang menekankan pada penyesuaian metode pembelajaran sesuai dengan kebutuhan individu mahasiswa.

Dalam artikel ini, penulis menyoroti bagaimana penerapan differentiated instruction di perguruan tinggi sering kali menjadi tantangan, tetapi juga menawarkan peluang besar untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Studi ini menampilkan pandangan para pendidik mengenai efektivitas, kendala, serta praktik terbaik dalam mengimplementasikan strategi pembelajaran yang lebih inklusif dan adaptif. Dengan data yang mendalam dan analisis yang komprehensif, artikel ini memberikan wawasan berharga bagi para akademisi dan praktisi pendidikan.

Publikasi ini tidak hanya memperkuat reputasi BINUS University sebagai institusi yang mendukung penelitian berkualitas tinggi, tetapi juga memberikan kontribusi signifikan terhadap literatur akademik global. Artikel ini menjadi sumbangan penting dalam memperkaya diskusi dan implementasi differentiated instruction di tingkat perguruan tinggi, khususnya di kawasan Asia-Pasifik. Sebagai salah satu pendekatan pedagogi modern, DI diharapkan mampu menjawab kebutuhan pembelajaran yang semakin beragam di era pendidikan 4.0.

Kolaborasi riset antara BINUS University dan Monash University ini juga menjadi bukti nyata pentingnya kerja sama internasional dalam meningkatkan kualitas penelitian. Dengan menggabungkan perspektif dari dua institusi yang berbeda, artikel ini menawarkan pendekatan yang lebih holistik dan aplikatif terhadap tantangan yang dihadapi dalam dunia pendidikan tinggi.

Dosen Psikologi BINUS University yang terlibat dalam penelitian ini berharap bahwa temuan mereka dapat menginspirasi dosen dan mahasiswa lainnya untuk lebih mendalami praktik differentiated instruction. Dengan demikian, pembelajaran di perguruan tinggi dapat lebih efektif dalam mendukung perkembangan akademik dan personal mahasiswa.

Prestasi ini diharapkan dapat memotivasi dosen dan mahasiswa BINUS University serta institusi pendidikan lainnya untuk terus berkontribusi dalam dunia akademik melalui penelitian yang berkualitas. Dengan semakin banyaknya penelitian yang terpublikasi di jurnal bereputasi, posisi Indonesia di peta akademik internasional dapat semakin kuat.