Observasi Kelas LC64 Biological Psychology
Pada kelas kali ini yaitu mata kuliah Biological Psychology kelas LC64 yang berada di ruangan A103 pada pukul 11:20 – 01:00 dengan dosen pengajar ibu Dr. Evi Afifah Hurriyati, S.Si., M.Si., yang diawali dengan membahas materi mata kuliah GSLC sebelumnya untuk mengukur bagaimana pengetahuan mahasiswa nya saat pembelajaran mandiri sesi kemarin maka dari itu bu Evi menanyakan mahasiswanya satu persatu untuk memberikan kesimpulan dari materi pembelajaran GSLC pada sesi sebelumnya sehingga terlihat mahasiswa mana yang tidak memahami materi dan yang memahami materi. Setelah itu ibu evi melanjutkan untuk menyampaikan materi pada sesi kali ini yaitu “Interacting with the World: Hearing and Language”, siswa juga menambahkan informasi terkait materi yang sedang diajarkan oleh dosen lalu dosen menampilkan video yang dapat membantu pemahaman siswa, kemudian siswa diminta untuk menyampaikan apa yang dilihat dari video tersebut , bu Evi kemudian melanjutkan diskusi interaktif.
Mahasiswa diajak untuk membahas lebih dalam mengenai konsep yang ditampilkan dalam video, memberikan pendapat, dan mengajukan pertanyaan yang memicu dialog antara dosen dan mahasiswa. Setiap kelompok atau individu diberikan kesempatan untuk berbagi pemahaman mereka, yang juga direspon dengan penjelasan tambahan dari dosen.
Setelah itu kelompok selanjutnya mempresentasikan hasil rangkuman materi yang telah dibuat oleh kelompok dan juga membuat Quiz dari Kahoot yang diikuti seluruh siswa untuk mengukur pemahaman teman-teman yang lain dari penjelasan presentasi kelompok yang telah dibawakan oleh kelompok kemudian kelas diakhiri dengan sesi tanya jawab serta diskusi tentang aplikasi konsep yang dipelajari dalam kehidupan sehari-hari atau bidang psikologi biologis. Hasil dari observasi yang telah saya lakukan yaitu Kelas Biological Psychology LC64 berjalan dengan efektif, dimana interaksi aktif antara dosen dan mahasiswa terlihat melalui diskusi, tanya jawab, dan refleksi terhadap materi GSLC dan VBL. Mahasiswa menunjukkan tingkat pemahaman yang beragam, dan dosen berhasil mengidentifikasi serta membantu mahasiswa yang kurang memahami materi. Metode pengajaran yang melibatkan diskusi dan presentasi video ini mampu meningkatkan keterlibatan serta memperdalam pemahaman mahasiswa. Sebagai rekomendasi, penyertaan lebih banyak contoh praktis dapat semakin memperkaya proses belajar.
PENULIS:Tiara Davina
Comments :