Bekasi, 02 Oktober 2024 – Universitas Bina Nusantara jurusan Psikologi menyelenggarakan Strada Bhakti Wiyata. Kegiatan trial class dengan topik “Career in Psychology, How To Deal With Emotion” ini dibawakan oleh Pratiwi Hozeng, M.Psi., Psikolog. Tujuan kegiatan ini untuk mengenalkan tentang Psikologi dan jenjang karir dalam dunia Psikologi kepada siswa SMA.

Kegiatan dimulai dengan ice breaking untuk menghangatkan suasana, menciptakan antusiasme dan bonding antara peserta dan pembawa acara. Ice breaking yang kami lakukan adalah Two Truths and One Lie, kami menjelaskan tentang permainan tersebut, permainan ini membutuhkan 3 orang yang maju kedepan untuk bermain bersama kami. Masing-masing dari mereka menyebutkan 2 kejujuran dan 1 kebohongan mereka dan teman-teman yang lain menebak mana yang jujur dan mana yang bohong. Dari semua peserta yang hadir, mereka sangat antusias untuk menjawab dan menyebutkan kejujuran dan kebohongan dari peserta yang ikut main game.

Setelah melakukan ice breaking, Kak Pratiwi, memulai materi dari penjelasan apa itu psikologi, peminatan psikologi, jenjang karir di psikologi. Setelah penjelasan umum tentang psikologi, dilanjutkan dengan materi mengenai emosi. Apa itu emosi, macam-macam emosi dasar, dan cara mengelola emosi. Penjelasan mengenai emosi diambil dari tokoh-tokoh dalam film Inside Out yang dapat menarik peserta untuk memperhatikan dan mendengarkan materi yang disampaikan.

Pada sesi terakhir Kak Pratiwi membuka sesi tanya jawab kepada peserta untuk mengetahui pemahaman mereka mengenai konsep dari psikologi yang telah dijelaskan. Ada beberapa pertanyaan yang diajukan, pertanyaan yang diberikan peserta sangat menarik untuk dijawab, Kak Pratiwi menjawab pertanyaan tersebut untuk membantu mereka dalam memahami psikologi. Setelah sesi tanya jawab antara Kak Pratiwi dan peserta Trial Class, dilanjutkan oleh pertanyaan dari kami sebanyak 2 pertanyaan yang harus dijawab oleh peserta dan mereka akan mendapatkan E-money sebagai hadiah. Pertanyaan dari kami sangat mudah untuk dijawab seperti “Bagaimana cara kalian mengelola emosi kalian?” dan “Apa yangkalian dapatkan dari materi yang sudah disampaikan?”. Lalu trial class ini ditutup dengan sesi dokumentasi bersama siswa/i SMA Strada Bhakti Wiyata.

Penulis:

Syafaa Alea Viyola Akbar (2502034452)

Regina Jessica Widya (2501971206)