Tambun Selatan, 22 Juli 2024  – Universitas Bina Nusantara mengadakan trial class yang diadakan di SMAN 1 Tambun Selatan dengan murid SMA kelas 2. Acara yang diselenggarakan ini memiliki tujuan  untuk membantu para siswa memantapkan dan menerapkan pemahaman siswa mengenai arti dari kesuksesan dengan yang baik  berkomitmen terhadap diri sendiri.

Acara ini dimulai dengan pengenalan umum yang dilakukan oleh narasumber selaku dosen dari Departemen Psikologi BINUS telah berdiri sejak tahun 2007. Departemen ini memiliki akreditasi unggul dan berstandar internasional. Dalam acara ini jumlah partisipan yang hadir sebanyak 400 siswa yang terdiri dari kelas 2 SMAN 1 Tambun.

Setelah itu para peserta diajak untuk memahami definisi dari komitmen terhadap diri sendiri untuk menggapai kesuksesan. Materi yang dijelaskan dilakukan secara interaktif, dimana para siswa dimintai tanggapan, pendapat di awal sesi mengenai konsep  komitmen  pada dirinya sendiri dan  fenomena apa saja dalam perilaku sehari – hari yang membuat mereka menerapkan konsep komitmen pada dirinya.

Setelah sesi pengenalan, dilanjutkan dengan penjelasan tentang tujuan utama yaitu  mendeskripsikan, menjelaskan, dan menanamkan  perilaku komitmen. Setelah itu melanjutkan dengan memberikan contoh nyata dan memberikan contoh video agar para siswa mendapatkan gambaran dari konteks komitmen yang ditanamkan dengan baik  pada diri yang bisa menghasilkan kesuksesan dan memaparkan dampak bila seseorang tidak menumbuhkan sikap komitmen yang baik pada diri sendiri.

Bagian akhir dari sesi pemaparan materi diisi dengan langkah langkah membangun komitmen, dimulai dari menetapkan tujuan yang jelas, mengatasi rintangan yang akan dihadapi saat membangun komitmen, hingga memberi penghargaan kepada diri sendiri akan pencapaian yang sudah dicapai.

Acara ini diakhiri dengan sesi tanya jawab, dimana para siswa bisa bertanya lebih dalam tentang materi yang telah dipaparkan. Dengan diadakannya trial class ini, diharapkan siswa-siswa dari SMAN 1 Tambun Selatan mendapatkan gambaran yang lebih jelas lagi bahwa kesuksesan bisa ditentukan dari diri mereka dengan membangun komitmen yang kuat akan suatu tujuan.

Untuk informasi lebih lanjut tentang program dan kegiatan jurusan Psikologi di BINUS, para siswa dapat menghubungi Departemen Psikologi BINUS melalui email di psychology@binus.edu atau mengikuti media sosial kami di Instagram @psikologi_binus.

Penulis :
– Muhammad Arya Dharmawan (2602205276)
– Widya Maselina Tulya (2702276090)

Editor : Angelique Aurellia