Pada tanggal 3 Juli 2024, BINUS University @Bekasi berkesempatan menjadi “rumah” untuk anak-anak yang sedang menduduki bangku kelas Sekolah Menengah Atas yang bertujuan untuk memberikan pengalaman langsung bagi siswa/i dan memberikan wawasan tentang perkuliahan di BINUS University @Bekasi. Dalam kegiatan ini, BINUS University @Bekasi berkesempatan untuk mengenali berbagai macam program studi yang ditawarkan, salah satunya adalah jurusan Psikologi.

Dalam kegiatan ini, terdapat sesi Trial Class yang dipandu oleh Kak Pratiwi Hozeng dengan membawakan materi berjudul “How to Deal with Emotion”, dimana kak Pratiwi Hozeng menjelaskan bagaimana emosi bekerja di dalam diri manusia dan bagaimana kita menghadapi emosi yang kompleks. Materi yang dibawakan ini sangat berkaitan dengan film ‘Ínside Out’ yang menjelaskan bahwa emosi memiliki peran penting dalam membentuk kepribadian dan perilaku manusia. Setiap emosi memiliki fungsinya sendiri, dan keseimbangan antara emosi-emosi ini sangatlah penting untuk kesehatan mental.

Sebelum melanjutkan ke sesi materi, kelas ini dimulai dengan melakukan kegiatan Ice Breaking. Ice Breaking ini bertujuan untuk mengembalikan kefokusan serta menciptakan suasana hangat selama trial class berlangsung. ‘DONAT’ adalah judul dari ice breaking yang kami bawakan. Saat kami melemparkan kata benda, siswa diminta untuk menghitung ada berapa huruf yang mengandung huruf ‘D/O/N/A/T’. Jika kata benda yang kami sebutkan adalah TIRAI, maka siswa harus menjawab dengan “1 DONAT” karena hanya terdapat huruf A.

Setelah sesi Ice Breaking dilakukan, Kak Pratiwi Hozeng kembali membawakan materi ‘How to Deal with Emotion’. Dengan suasana penuh antusias, siswa-siswi SMA mendengarkan serta mempelajari materi tersebut dalam trial class Psikologi di Binus Bekasi. Materi yang dibawakan Kak Pratiwi Hozeng ini berfokus pada pemahaman tentang dinamika emosi manusia, yang dimana materi tersebut sangat relate bagi peserta.  Dengan diberikannya materi tersebut, peserta menjadi memahami diri sendiri dan orang lain dengan lebih baik karena siswa-siswi belajar untuk mengenali dan mengelola emosi, serta bagaimana emosi dapat mempengaruhi perilaku individu. Selain itu, siswa-siswi juga diajak untuk menjelajahi teori psikologi yang berhubungan tentang emosi serta bagaimana cara pengaplikasiannya dalam kehidupan sehari-hari.

Selain memaparkan materi tentang emosi dan psikologi dengan menarik melalui film Inside Out, Kak Pratiwi juga memberikan informasi lengkap tentang berbagai hal menarik lainnya. Beliau menjelaskan tentang Program Studi Psikologi di Binus University Bekasi, peluang karir yang menanti para lulusannya, fasilitas lengkap dan modern yang tersedia di kampus, hingga sesi cerita pengalaman berkuliah dari kakak-kakak semester akhir. Sehingga, informasi yang diberikan Kak Pratiwi ini tentu sangat bermanfaat bagi para peserta Trial Class SMA, khususnya bagi mereka yang tertarik untuk melanjutkan studi di bidang psikologi. Dengan informasi yang lengkap dan menarik ini, para peserta dapat lebih memahami tentang dunia psikologi dan mempertimbangkan Binus University Bekasi sebagai pilihan terbaik untuk masa depan mereka.

Penulis:
– Althafania Dyandra P. (2501993270)
– Abigail Kinanti Putri S. (2502045941)

Editor : Angelique Aurellia