Bekasi, 18 Juli 2024 – Universitas Bina Nusantara khususnya jurusan Psikologi mengadakan trial class kepada partisipan yang merupakan siswa SMA dari BPK Penabur Harapan Indah, Acara ini bertujuan untuk mengenalkan lebih dalam tentang apa itu Psikologi dan jenjang karir di dunia Psikologi.

Acara dimulai dengan pengenalan umum mengenai Psikologi oleh para dosen dari Departemen Psikologi BINUS yang telah berdiri sejak tahun 2007. Departemen ini memiliki akreditasi unggul dan berstandar internasional, dengan jumlah dosen sebanyak 36 orang yang sebagian besar adalah lulusan S2 dan S3 dari dalam dan luar negeri.

Para peserta diajak untuk memahami definisi dasar Psikologi yang mempelajari perilaku dan proses mental manusia. Materi dijelaskan dengan cara interaktif, dimana siswa diminta untuk memberikan pendapat awal mereka tentang Psikologi dan kemudian melanjutkan dengan diskusi tentang fenomena-fenomena yang dapat diamati dalam perilaku sehari-hari.

Setelah pengenalan, sesi dilanjutkan dengan penjelasan tentang tujuan utama Psikologi: mendeskripsikan, memprediksi, menjelaskan, dan mengontrol perilaku dan proses mental. Melalui berbagai contoh nyata dan video, para siswa diajak untuk mengidentifikasi perilaku yang diamati, memprediksi konsekuensi dari perilaku tersebut, menjelaskan alasannya, serta mencari cara untuk mengontrol perilaku agar tidak memiliki efek negatif.

Bagian akhir trial class ini diisi dengan paparan tentang berbagai karir yang bisa ditempuh oleh lulusan Psikologi. Para siswa diperkenalkan dengan beberapa bidang pekerjaan seperti Human Resources, Konsultan, Wirausaha, UI/UX Analyst, Digital Marketing Specialist, Konselor Sekolah, dan banyak lagi.

Lulusan Psikologi S1 di Indonesia, meskipun belum bisa praktik sebagai Psikolog, memiliki peluang karir yang luas di berbagai sektor seperti bisnis, industri, teknologi digital, komunitas, pendidikan, dan kreatif. Mereka dapat bekerja sebagai HR Consultant, Employment Counselor, Digital Marketing Specialist, UI/UX Analyst, serta berbagai peran lain yang membutuhkan pemahaman tentang perilaku manusia dan proses mental.

Acara ini diakhiri dengan sesi tanya jawab, dimana para siswa bisa bertanya lebih dalam tentang materi yang telah dipaparkan. Dengan diadakannya trial class ini, diharapkan siswa-siswa dari BPK Penabur Harapan Indah mendapatkan gambaran yang jelas tentang jurusan Psikologi dan termotivasi untuk menekuni bidang ini di masa depan.

Untuk informasi lebih lanjut tentang program dan kegiatan jurusan Psikologi di BINUS, para siswa dapat menghubungi Departemen Psikologi BINUS melalui email di psychology@binus.edu atau mengikuti media sosial mereka di Instagram @psikologi_binus.

Penulis :
– Sahitya Fasya Nur Iskandar (2502047846)
– Widya Maselina Tulya (2702276090)

Editor : Angelique Aurellia