BINUS University kembali menarik perhatian para siswa SMA dengan menggelar pameran Technology Day 2024 yang diselenggarakan selama 2 hari pada tanggal 17-18 Juli 2024. Acara ini memiliki beragam aktivitas, yaitu pengenalan informasi mengenai berbagai jurusan, trial class, band performance, serta mengenalkan konsep digital psychology yang semakin diminati di era modern ini. Acara berlangsung dengan meriah dan dimintasi oleh siswa/i yang berdatangan mengunjungi booth masing-masing jurusan, khususnya Psikologi.

Para siswa/i sangat berantusias mengunjungi booth jurusan Psikologi. Siswa/i berkesempatan untuk mencoba berbagai teknologi canggih yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran, yaitu Virtual Reality (VR) dan Eye Tracker. Teknologi virtual reality (VR) memberikan pengalaman bagi siswa/i untuk mempelajari struktur otak manusia yang biasa digunakan pada mata kuliah Biological Psychology  dan memberikan simulasi anak dengan autism disorder mempersepsikan lingkungan sekitar. Teknologi eye tracker juga memberikan pengalaman bagi siswa/i untuk turut berpartisipasi dalam penelitian Rekognisi Emosi Manusia yang dimanfaatkan dalam pengembangan sistem artificial intelligence (AI) dalam mendeteksi emosi manusia. Setelah mencoba teknologi yang disesdiakan oleh Psikologi BINUS selama pameran, siswa/i memberikan respon positif setelah menggunakan VR simulasi anak dengan autism disorder. Tak jarang dari mereka juga antusias bertanya mengenai informasi jurusan Psikologi, mata kuliah Psikologi, serta gangguan mental.

Jurusan Psikologi di BINUS University berkomitmen untuk terus berinovasi dalam menghadirkan metode pembelajaran yang relevan dengan perkembangan zaman, khususnya teknologi. Melalui pameran ini, diharapkan para siswa/i dapat lebih memahami dan tertarik untuk mempelajari Psikologi dengan teknologi digital.

Penulis:
– Giselda Natalia Hapsari Alzena
– Naomi Angelee Suwandi
– Theresia Muliadi

Editor :
– Dr. Esther Widhi Andangsari, M.Si., Psikolog
– Angelique Aurellia