Pada 18 Juli 2024, BINUS University memberikan kesempatan bagi calon mahasiswa dari berbagai SMA yang ingin merasakan bagaimana suasana dinamika belajar di dunia perkuliahan. Trial Class menjadi jawaban dari rasa penasaran bagi calon mahasiswa yang ingin merasakan suasana belajar di BINUS University, bersama dengan Andrea Prita Purnama Ratri, S.Psi., M.A. sebagai dosen Psikologi BINUS University dan dibantu dengan 1 mahasiswa, Maxien Mario. Kegiatan Trial Class ini dihadiri kurang lebih 45 orang Siswa/Siswi yang ingin merasakan perkuliahan di BINUS University, kegiatan dilakukan pada pukul 10.00 – 11.00 WIB bertempat kampus BINUS Anggrek.

Dengan Topik Social Perception “How We Come To Understand Other People” Siswa/Siswi terlihat sangat tertarik dengan topik yang dibawakan oleh kak Andrea Prita Purnama Ratri, S.Psi., M.A. Kegiatan Trial class dibuka dengan perkenalan singkat dari dosen dan menjelaskan Sejarah singkat mengenai jurusan Psikologi di BINUS University. Pertanyaan mengenai “apa itu psikologi?” menjadi pintu awal dibukanya materi pada kegiatan Trial Class. Kak Prita kemudian menjelaskan peminatan Psikologi yang disediakan oleh BINUS University seperti, industri, sosial, dan Pendidikan. Pada inti materi yang diberikan, kak Prita kemudian menjelaskan apa itu Social Perception, bagaimana bentuk Social Perception, dan faktor apa yang dapat menyebabkan Social Perception. Untuk mendukung proses Trial Class ini, Kak Prita membuat sebuah permainan yang berhubungan dengan topik yang dibawakan pada hari ini yaitu menebak gambar apa saja yang terlihat dan menebak sebuah emosi yang diperagakan oleh Siswa/Siswi di kelas. Menebak gambar menjelaskan bahwa individu memiliki persepsi yang berbeda-beda pada gambar yang ditunjukkan dan menebak enam emosi dari ekspresi wajah adalah emosi dasar yang dimiliki oleh manusia.

Setelah menyelesaikan berbagai dinamika yang dilakukan dikelas, kemudian kelas ditutup dengan sesi tanya jawab dan kesan pesan apa yang didapatkan setelah mengikuti Trial Class yang dilakukan oleh BINUS University dalam kegiatan “Trial Binus Techno Sphere”. Kegiatan Trial Class Psikologi ini diharapkan mampu memberikan pemahaman baru mengenai Psikologi Sosial dan menerapkan pengetahuan yang didapat sebagai hal yang positif dan bermanfaat bagi Siswa/Siswi yang mengikuti Trial Class Psikologi.

Penulis : Maxien Mario
Editor : Angelique Aurellia