Ruang Terbuka Hijau Itu Apa Sih ?
Ruang Terbuka Hijau dalam konteks perkotaan adalah sebuah lapangan terbuka yang tidak dikonstruksi untuk digunakan sebagai lahan komersial, residensial, institusional, atau industrial.

Terdapat beberapa tipe dari sebuah ruang terbuka dalam perkotaan. Beberapa contoh yang paling sering ditemukan termasuk taman kota, taman bermain, dan green belts (area hijau kecil yang ada di antara dua jalan besar).

Pentingnya Eksistensi Ruangan Terbuka Hijau dalam Perkotaan
Penelitian mengenai dampak apa yang dapat dirasakan dari ada atau tidaknya ruangan terbuka hijau sudah banyak dilakukan. Vanaken et al. (2018) melakukan systematic review dari 21 jurnal yang membahas mengenai hubungan antara paparan terhadap ruang terbuka hijau dengan masalah perilaku dan emosional pada anak dan remaja. Mereka merasa ada pentingnya bagi para pembuat kebijakan, perencana kota, dan pekerja kesehatan memperhatikan akan pentingnya memberikan kepaparan pada ruang terbuka hijau yang cukup untuk melindungi kesehatan mental anak dan remaja dalam dunia perkotaan.

Efek Positif Adanya Ruangan Terbuka Hijau

  • Masyarakat akan merasa lebih sejahtera atau bahagia (Paddock, 2013).
  • Mudahnya akses ke ruangan terbuka hijau dapat mencegah kematian dini pada masyarakat (Barboza et al., 2021).
  • Mengurangi suhu pada perkotaan (Aramk, García, & Mansournia, 2019).
  • Memberikan sebuah tempat untuk aktivitas fisik dan berinteraksi sosial, sehingga bisa menginfluensi masyarakat untuk memiliki kehidupan yang lebih sehat (Douglas, 2017).

Referensi:

  • Aram, F., García, E. H., Solgi, E., & Mansournia, S. (2019). Urban green space cooling effect in cities. Heliyon5(4).
  • Barboza, E. P., Cirach, M., Khomenko, S., Lungman, T., Mueller, N., Barrera-Gómez, J., Rojas-Rueda, D., Kondo, M., & Nieuwenhuijsen, M. (2021). Green Space and Mortality In European Cities: A Health Impact Assessment Study. The Lancet Planetary Health, 5(10), e718-e730.
  • Douglas, O., Lennon, M., & Scott, M. (2017). Green space benefits for health and well-being: A life-course approach for urban planning, design and management. Cities66, 53-62.
  • Paddock, C. (2013, April 23). Green Spaces Boost Wellbeing In Cities. MedicalNewsToday. https://www.medicalnewstoday.com/articles/259495#1
  • Vanaken, G. J., & Danckaerts, M. (2018). Impact of green space exposure on children’s and adolescents’ mental health: A systematic review. International journal of environmental research and public health15(12), 2668.

Penulis : M. Khalif Nur Ramadhan
Editor : Melly Preston, Angelique Aurellia