Rabu, 15 Mei 2024 lalu saya menjadi moderator untuk kegiatan talkshow “Gen Z si Paling Healing.” Kegiatan ini dilakukan sebagai rangkaian kegiatan Happiness You yang diselenggarakan oleh Kampus Binus Bekasi. Hadir sebagai pembicara adalah Kak Nurindah Fitriah atau Kak Indah, seorang Psikolog yang juga penulis.

Dari judulnya saja sudah bisa ditebak, bahwa yang dibahas adalah gen Z, atau mereka yang lahir antara tahun 1997-2012. Bahasan ini muncul karena ada anggapan generasi ini adalah mereka yang sedikit-sedikit healing. Sehingga dalam talkshow kemarin dibahas kembali apa sih sebenarnya pengertian healing dari kacamata psikologi dan kesehatan mental.

Dari talkshow kemarin, healing boleh saja kok dilakukan, bahkan sesering mungkin, karena makna dari healing sendiri adalah menyembuhkan, melakukan perubahan ke arah yang lebih baik. Sehingga yang perlu ditanyakan pada diri sendiri adalah, apakah “healing” yang selama ini dilakukan sudah efektif? Karena dalam proses healing seharusnya ada dua hal yang terjadi: 1. Proses meregulasi emosi. 2. Problem solving untuk masalah yang dihadapi.

Oleh karena itu, sebagai gen Z boleh banget nih melakukan evaluasi, apakah selama ini beneran healing agar bisa ke situasi yang lebih baik, atau sebenarnya hanya sekedar melakukan pelarian?

Penulis : DR. Anggita Dian Cahyani, S.Psi., M.A.