Jumat, 26 April 2024 kemarin saya kedatangan tamu yakni siswa kelas XI SMA Notre Dame. Sebanyak 21 siswa hadir untuk mengikuti trial class Psikologi. Saya pun membawakan materi mengenai “Persepsi Sosial”, salah satu topik yang ada dalam Psikologi Sosial.

Di kelas ini saya memperkenalkan konsep Persepsi Sosial, yakni tentang bagaimana kita memahami orang lain. Siswa diperkenalkan dengan beberapa konsep yang mempengaruhi persepsi sosial seperti non verbal behaviourcultureImplicit Personality Theory, hingga Causal Attribution.

Siswa cukup antusias karena materi yang dipelajari ini sangat dekat dengan keseharian, misalnya tentang bagaimana seseorang membuat penjelasan mengapa orang melakukan sesuatu dan ada apa sih dibalik tindakan tersebut? Walupun konsep-konsepnya cukup banya, mahasiswa mencoba mengikuti trial class ini sebaik-baiknya, terlihat dari antusias saat tanya hawab dan kesan pesan.

Yang jelas, ada take home messages yang diperoleh peserta trial class usai mengikuti kelas ini:
Bahwa setiap kita mencoba memahami orang lain, selalu ada dua jenis atribusi, yakni internal dan eksternal. Tidak melulu tentang orang tersebut, bisa juga karena hal-hal diluar dia seperti lingkungan. Selain itu, selalu ada titik buta atau bias yang terjadi, sehingga apapun yang kita pikirkan mengenai orang lain, sifatnya adalah hipotesis. Jika persepsi kita ini salah, kita harus mau mengakui serta menjadikan kesalahan ini sebagai pengalaman untuk belajar, dan menerima kebenaran, karena inilah yang membuat kita menjadi lebih bijaksana.

Penulis : DR. Anggita Dian Cahyani, S.Psi., M.A.