Jakarta, 30 April 2024 – Jurusan Psikologi Universitas Bina Nusantara bekerja sama dengan Yayasan Pendidikan IPEKA, mengadakan workshop mental health di SMAK IPEKA Pluit, Jakarta Utara. Workshop diadakan untuk kelas 12 IPA 1 dan 12 IPA 2. Workshop dibagi menjadi 2 topik, topik pertama bertema “Emotion : Recognize & Organize” dan topik kedua bertemakan “Stress Management – Less Stress, More Balance“. Workshop ini dibawakan oleh dua pembicara, topik 1 dibawakan oleh Yan Andre Peranginangin, M.Si., Psikolog., sementara topik 2 dibawakan oleh Cindi Nabila Maharani, M.Psi., Psikolog. Keduanya merupakan dosen Jurusan Psikologi Universitas Bina Nusantara.

Acara dimulai kurang lebih pukul 07:00 WIB. Kelas 12 IPA 1 mendapat workshop topik 1 dan kelas 12 IPS 1 mendapat workshop topik 2 terlebih dahulu. Sebelum pembicara menyampaikan workshop, dilakukan ice breaking terlebih dahulu yang dipimpin oleh mahasiswa-mahasiswi dari Jurusan Psikologi BINUS. Kedua kelas bertukar workshop setelah istirahat yang berlangsung selama 30 menit pada 08.30 – 09:00 WIB. Masing-masing topik workshop berdurasi sekitar 180 menit, sudah termasuk ice breaking. Setelah semua topik selesai di kedua kelas, dilakukan foto bersama di masing-masing kelas.

Topik pertama dari workshop membahas tentang mengenali dan mengorganisir emosi. Materi diawali dengan penjelasan 6 emosi dasar manusia, yaitu senang, sedih, marah, jijik, dan terkejut. Pembicara menjelaskan mengenai regulasi diri, motivasi, dan kesadaran serta keterampilan dalam berkehidupan sosial. Kemudian topik pertama ditutup dengan pembahasan mengenai pentingnya keterampilan dalam kehidupan sosial. Sementara, topik kedua dari workshop membahas tentang penyeimbangan dan pengelolaan stress. Materi diawali dengan pembahasan mengenai stress dan penyebabnya, beserta juga dengan akibat dari stress. Kemudian, dilakukan beebrapa aktivitas untuk melatih siswa mengontrol stress, seperti studi kasus dan metode deep breathing.

Workshop berjalan dengan cukup lancar dari awal hingga akhir. Materi dapat tersampaikan , meskipun ada kendala dimana siswa tidak fokus, ketidakaktifan siswa juga menjadi kendala.. Untuk kedua kelas memiliki kecenderungan yang unik, dimana 12 IPA 1 lebih mudah menerima materi topik kedua, sedangkan 12 IPS 1 lebih mudah menerima materi topik pertama.

Melalui kegiatan ini, mahasiswa Jurusan Psikologi mendapat pengalaman menarik. Para mahasiswa mendapat pengalaman tentang terhubung kembali dengan kenangan masa sekolah, juga jadi dapat mengeluarkan potensi diri, untuk dapat memandu siswa di kelas, seperti tugas seorang guru di sekolah. Tugas itu menggugah semangat dari siswa-siswi yang meski tidak jauh usianya, mungkin memiliki sifat yang amat berbeda. Di samping itu, para mahasiswa juga belajar tentang pentingnya membangun rapport yang baik dengan orang lain. Semoga workshop ini dapat menjadi pembelajaran yang berguna bagi para siswa-siswi untuk pengembangan diri dan menjadi motivasi untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Penulis:
Riany Kartono (2602113703)
Sukriah Aisyah Basir (2602122254)
Theodorus Wesley Tandyas (2702281651)

Editor : Angelique Aurellia