Tangerang, 23 April 2024, Fakultas Psikologi dari Universitas Bina Nusantara bekerjasama dengan DPPI dan Kebangpol dalam kegiatan seleksi paskibraka tingkat Kota Tangerang. Pada seleksi kali ini calon paskibrakan di wawancara dan dilihat hasil tes minat bakat yang dimiliki. Kegiatan wawancara dilakukan oleh Andrea Prita Purnama Ratri, S.Psi., M.A., Dr. Bay Dhowi, S.Psi., M.Si., Dr. Istiani, M.Psi., Dra. Lisa Ratriana Chairiyati, M.Si, dan Wahyu Syahputra, S.Psi., M.Psi., selaku dosen fakultas psikologi yang mengajar du Universitas Bina Nusantara.

Acara dimulai pada pukul 07.30 WIB berlokasi di pusat pemerintahan Kota Tangerang tepatnya di gedung Al-amanah lt.5. Kegiatan diawali dengan pembukaan oleh struktural penyelenggara. Setelah itu calon paskibraka diminta untuk mengisi G-form yang telah disediakan oleh dosen Fakultas Psikologi Universitas Bina Nusantara. G-form tersebut berisi wawasan kebangsaan yang memiliki bobot nilai di setiap pertanyaanya.

Namun sebelumnya, calon paskibraka juga diminta untuk mengisi tes di website beelife.binus, tes ini bertujuan untuk mengetahui tentang minat dan bakat para calon. Hasil analisis data dari tes tersebut akan menjadi data atau informasi dasar wawancara. Lalu, acara dilanjutkan dengan seleksi wawancara yang dilakukan oleh para dosen. Total calon paskibraka yang mengikuti seleksi ada 191 peserta dan akan diambil berdasarkan ranking 66 peserta teratas. Wawancara setiap peserta dilakukan kurang lebih 5-8 menit, dan aspek kepribadian yang dinilai dalam wawancara antara lain seperti: Sikap (berintegritas, disiplin, bertanggung jawab, jujur, sopan, rendah hati, dan dapat dipercaya), stabilitas emosi, dan kemampuan beradaptasi. Selain itu calon paskibraka juga menunjukkan bakat dan minat yang dimiliki seperti: menari, menyanyi, karate, dan lain-lain.

Acara berlangsung dengan kondusif sampai selesai, calon paskibraka pun tampak antusias dalam mengikuti seleksi hingga akhir. Melalui kegiatan ini, kami sebagai mahasiswa piskologi mendapatkan pengalaman yang menarik untuk dapat ikut berpartisipasi dalam seleksi paskibraka Kota Tangerang tahun 2024. Kami jadi mengetahui bagaimana cara psikolog dalam melakukan wawancara dan menganilisis hasil laporan yang telah diperoleh. Selain itu, kami juga diberikan kesempatan untuk mewawancarai secara langsung calon paskibraka dengan melihat dengan form penilaian dan didampingi oleh Dosen. Kami sebagai mahasiswa dapat mengaplikasikan teknik wawancara yang telah dipelajari sebelumnya di perkuliahan dan diaplikasikan secara langsung dalam kegiatan ini.