Halo teman-teman semua! perkenalkan nama saya Eva Christina Binusian 2024 dari jurusan Psikologi. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi pengalaman pertama kali mengikuti lomba poster ilmiah yang diadain bagi mahasiswa enrichment program research track secara online. Dari pengalaman ini pastinya ada sangat banyak pelajaran berharga yang saya rasakan dan juga manfaat untuk bagi semua orang.

Sebagai mahasiswa, saya sangat senang bisa mengikuti kegiatan perlombaan ini untuk bisa menambah pengalaman dalam perkuliahan, meskipun hal ini merupakan salah satu langkah untuk keluar dari zona nyaman karena sebelumnya belum pernah mencoba mengikuti kegiatan ini dan pasti ada ketakutan yang akan hadapi kemudian pengorbanan waktu dalam mengerjakan poster ini untuk hasil yang semaksimal mungkin.

Motivasi saya mengikuti kegiatan perlombaan ini karena untuk menambah wawasan selama berproses dan mengasah kemampuan untuk mendapatkan pengalaman baru yang berperan mendorong untuk bisa berprestasi dan yang mengajak saya untuk dapat mengikuti lomba ini ialah dosen pembimbing saya. Awal bisa tertarik untuk mengikuti lomba ini karena ingin mencoba hal baru selain itu juga karena judul topik saya yang lumayan menarik dan masih sedikit untuk diketahui oleh orang-orang. Kemudian saya berusaha semaksimal mungkin pada saat pengerjaan untuk bisa meraih prestasi dan menerima semua hasil apapun yang akan diterima.

Sebelum memulai pengerjaan poster tersebut, saya harus menyelesaikan laporan penelitiannya terlebih dahulu yang sebelumnya sudah dilakukan dari beberapa bulan yang lalu dimulai dari membuat abstrak, bab 1 pendahuluan, mencari dan mengolah data-data hingga akhirnya dapat menyelesaikan kesimpulan. Sehingga waktu yang saya miliki lebih singkat lagi untuk membuat poster ilmiah yang harus memikirkan bagaimana membuat desainnya supaya terlihat lebih kreatif dan menarik. Setelah selesai penulisan laporan penelitian tersebut saya hanya tinggal sisa waktu 3-4 hari untuk menyelesaikan poster tersebut namun karena semangat dari diri sendiri, dosen pembimbing dan teman-teman saya maka saya berusaha untuk bisa sempat menyelesaikan poster dan mengumpulkannya sesuai deadline. Setelah selesai membuat poster dan mengumpulkannya, perasaan gugup dan takut yang masih belum hilang didalam diri saya karena harus masih menunggu pengumuman hasil pemenang tersebut. Kemudian sampai dimana hari pengumuman tersebut akhirnya puji syukur saya dinyatakan menang dalam lomba poster ilmiah dan meraih juara ke-2.

Saya sangat senang atas prestasi yang diraih dan juga sangat berterima kasih atas dorongan dosen pembimbing saya yang awalnya mengajak saya untuk mengikuti kegiatan perlombaan ini kemudian juga semangat, doa dan dukungan dari teman-teman, keluarga saya. Menjadi suatu kebanggaan bagi saya untuk dapat mengikuti lomba poster ilmiah ini supaya dapat diketahui oleh banyak orang terutama bagi teman-teman binusian yang ingin mengikuti ajang kompetisi ini yang diadain bagi mahasiswa enrichment program research track. Dengan pengalaman saya, diharapakan dapat memotivasi dan membantu teman-teman untuk mengikuti perlombaan yang serupa.