Pada hari Sabtu tanggal 2 Maret 2023, Universitas Bina Nusantara (BINUS) bekerja sama dengan BINUS School Bekasi untuk menyelenggarakan kegiatan Playdate. Kegiatan ini diartikan sebagai suatu aktivitas dimana anak-anak dengan rata-rata usia 2-8 tahun bertemu dan bermain dalam suatu pertemuan yang diatur, diselenggarakan, dan diawasi oleh orang tua atau pengasuhnya. Dalam kegiatan yang terstruktur namun santai seperti playdate, anak-anak memiliki kesempatan untuk mengeksplorasi peran sosial, berkolaborasi dalam permainan, dan belajar untuk bekerja sama.

Kegiatan ini diwakilkan oleh 4 mahasiswa BINUS dari jurusan psikologi dan satu PIC play date untuk berinteraksi dan bermain langsung dengan anak-anak. Kegiatan playdate ini diselenggarakan dalam rangka meningkatkan waktu berkualitas antar teman sebaya, bersenang-senang dan juga meningkatkan kemampuan motorik, kognitif, serta emosional anak. Kegiatan playdate ini terdapat 3 sesi, antara lain:

  1. Music and Movement

Pada kegiatan ini, terdapat dua elemen penting dalam pengembangan anak usia dini. Kombinasi antara kedua hal ini akan memberikan beberapa manfaat utama, yaitu; (1) Pengembangan motorik halus dan kasar, dimana melalui kegiatan ini, anak-anak akan mengembangkan koordinasi motorik halus dan kasar mereka, yang termasuk dalam faktor penting untuk keterampilan fisik dasar, seperti berjalan, berlari, dan menulis; (2) Meningkatkan keterampilan kognitif, dengan mereka berpartisipasi dalam aktivitas music and movement akan membantu memperbaiki kognitif anak, dimana mereka akan mengikuti instruksi, mengingat pola gerakan atau lirik lagu, dan mengembangkan pemahaman dalam konsep tinggi-rendah, cepat-lambat, atau lemah-kuat; (3) Meningkatkan keterampilan bahasa dan komunikasi, dimana melalui bernyanyi, mendengarkan lagu, dan mengikuti instruksi, anak-anak akan memperoleh keterampilan bahasa dan komunikasi yang penting. Hal ini dapat membantu menambah kosakata mereka, meningkatkan pemahaman mereka terkait struktur kalimat, dan meningkatkan kemampuan mereka untuk berkomunikasi dengan lebih tepat dan jelas.

  1. Permainan Pom – Pom

Pada kegiatan ini anak-anak akan diminta untuk memasukan pom pom menggunakan penjepit ke dalam box dengan warna yang sesuai, kegiatan ini dilakukan untuk melatih kemampuan motorik halus anak, dengan memegang penjepit dan berusaha mengontrol pergerakan serta kekuatan tangan dalam memasukan pom pom sesuai warna box, kegiatan ini juga membantu dalam melatih regulasi emosi anak karena proses yang sulit dalam memasukan pompom sesuai dengan warna box dengan menggunakan penjepit, mendorong anak untuk bersikap sabar, selain itu kegiatan ini juga melatih kemampuan anak dalam mengenal warna yang berperan dalam merangsang kepekaan penglihatan anak serta kreativitas dan imajinasi anak.

  1. What animal am I?..

Pada kegiatan ini anak-anak akan diminta untuk menerka hewan apakah yang dideskripsikan oleh kakak pendamping, contohnya “ I have a long neck and i like to eat my food straight form the tree what animal am I?..” dari contoh pernyataan tersebut, anak harus menjawab hewan apa yang sesuai dan jawaban akan ditampilkan dalam bentuk animasi yang lucu sehingga menarik visual anak, tidak hanya itu anak juga dapat melatih kognitif mereka dengan proses mengasosiasikan ciri hewan yang diberikan dengan hewan yang mereka ketahui.

Dalam hal ini, kegiatan playdate memberikan kesempatan bagi anak-anak untuk mengembangkan keterampilan sosial mereka. Mereka belajar berbagi, bekerja sama, dan berkomunikasi dengan teman sebaya. Hal ini adalah masa dimana mereka mulai belajar memahami pentingnya aturan, menyelesaikan konflik, serta membangun hubungan baru dengan orang lain. Ketika anak-anak berinteraksi dengan satu sama lain, mereka diberikan kesempatan langsung untuk mulai belajar menyampaikan ide dan perasaan mereka dengan kata-kata, serta memahami apa yang dikomunikasikan oleh orang lain. Hal ini adalah cara efektif bagi mereka untuk meningkatkan kemampuan berbicara dan memahami konsep sosial, seperti kejujuran dan kerja sama.

Kegiatan playdate juga memberikan wadah ideal bagi anak-anak untuk mengembangkan kreativitas mereka, dimana saat bermain dengan teman-teman sebaya, mereka akan belajar memecahkan masalah bersama dan menggunakan imajinasi mereka secara aktif. Selanjutnya, melalui pengalaman playdate, anak-anak juga akan belajar mandiri dan mulai membangun kepercayaan diri. Dalam hal ini, mereka akan belajar menghadapi tantangan baru, mengatasi rasa takut, dan menyelesaikan masalah tanpa bantuan dari orang dewasa. Mereka juga akan belajar untuk menjadi lebih fleksibel dan adaptif terhadap situasi baru dan berbeda. Hal ini terjadi dengan harapan akan membantu mereka tumbuh sebagai individu yang percaya diri, dapat diandalkan, dan dapat mengatasi berbagai tantangan di masa depan.

Selain memberikan manfaat langsung bagi anak-anak, playdate juga membantu membangun hubungan antara keluarga dan komunitas, dimana orang tua dapat saling bertukar pengalaman, masukan, dukungan, dan membangun hubungan sosial yang kuat. Partisipasi dalam kegiatan playdate juga memperkuat ikatan antara orang tua dan anak, dimana saat keduanya menghabiskan waktu bersama dalam suasana aktif dan menyenangkan, otomatis akan memperkuat hubungan emosional mereka. Anak-anak akan merasakan kebahagiaan dan keamanan ketika orang tua mereka hadir dan mendukung mereka, sementara orang tua merasakan kebanggaan saat terlibat dalam perkembangan anak-anak mereka. Dengan demikian, dalam dunia yang semakin terhubung secara digital, kegiatan playdate tetap menjadi aspek penting, terutama bagi anak-anak usia dini, dimana hal ini adalah saat dimana mereka dapat belajar, tumbuh, dan berkembang secara sosial, emosional, dan fisik.

Kegiatan playdate bukan hanya tentang bermain dan bersenang-senang, melainkan juga memberikan dukungan berupa wadah penting dalam membentuk anak-anak yang sehat, bahagia, percaya diri, dan siap menghadapi tantangan di masa depan.

Lampiran – Dokumentasi Kegiatan

Gambar 1.1 Kegiatan Music and Movement

Gambar 1.2 Kegiatan Who Am I

 

 

 

 

 

Gambar 1.3 Suasana Playdate

 Gambar 1.4 Kegiatan Pom pom

Gambar 1.5 Farewell Playdate