Sabtu, 16/12/2023— Psikologi BINUS yang bekerja sama dengan LSP Psikologi Indonesia (LSP-PSI) telah berhasil mengadakan kegiatan sertifikasi asisten psikolog untuk alumni Psikologi BINUS yang kelak berminat untuk menjadi psikolog. Acara ini merupakan tonggak bersejarah dalam mengangkat standar layanan psikologi yang lebih tinggi dan menunjukkan komitmen alumni terhadap etika, pengetahuan, dan keterampilan di bidang psikologi.

Latar Belakang

Asisten psikolog memiliki peran krusial dalam mendukung psikolog dalam menyediakan layanan yang berkualitas kepada masyarakat. Sertifikasi adalah cara untuk memastikan bahwa para asisten psikolog memiliki pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk mendukung praktik psikolog dengan baik. Melalui proses sertifikasi, para asisten psikolog dapat membuktikan kompetensinya dan memberikan kepercayaan kepada klien, institusi, dan masyarakat umum.

Proses Sertifikasi

Proses sertifikasi ini melibatkan serangkaian ujian, penilaian keterampilan praktis, dan peninjauan etika profesional. Peserta sertifikasi mengikuti berbagai proses asesmen yang melibatkan pengetahuan teoritis dan penerapan keterampilan praktis. Proses ini dirancang untuk mencakup berbagai unit kompetensi, termasuk administrasi pelaksanaan psikotes, melakukan pengamatan, melakukan wawancara, melakukan skoring tes psikologi melakukan interpretasi parsial atas hasil tes psikologi, melakukan konseling, dan melakukan psikoedukasi.

Keberhasilan Peserta

Kami sangat bangga mengumumkan bahwa kelima peserta telah berhasil melewati ujian dan penilaian dengan hasil yang memuaskan. Keberhasilan ini menunjukkan dedikasi dan kualitas kerja alumni dalam mendukung praktik psikolog sebagai asisten psikolog. Selamat kepada Adinda Restantya Lakhafidina, Afifa Qonita Rozakia, Annisa Nurul Azzahra Basjiruddin, Keizia Dinda Vania, serta Mesa Zalfa Rania Djunaid atas keberhasilannya dalam meraih sertifikat asisten psikolog!