Pada saat siswa SMA telah menginjak kelas 12, banyak dari mereka sudah memiliki atau mengetahui akan mengejar pendidikan apa yang mereka inginkan pada saat perkuliahaan nanti, ada pula yang memilih untuk mencoba dunia kerja terlebih dahulu baru meneruskan pendidikan mereka ke jenjang yang lebih tinggi. Tetapi bagi mereka yang masih bimbang ataupun tidak tahu sama sekali apa yang akan mereka lakukan setelah lulus SMA, mereka butuh bantuan dari faktor eksternal agar mereka mengetahui apa yang akan mereka kejar. Oleh karena itu, jurusan Psikologi Universitas Bina Nusantara telah mengundang siswa dari SMA Global Mandiri untuk menghadiri trial class yang telah diselenggarakan oleh pihak kampus yang dilakukan di dalam ruangan Laboratorium Psikologi Binus.

Para siswa/siswi yang akan menghadiri acara trial class ini, akan diberikan beberapa pemahaman mengenai konsep-konsep dasar dari ilmu Psikologi dan pada trial class ini, akan memiliki fokus mengenai topik “Relaksasi Anti Stress” yang akan dibawakan oleh Ibu Pingkan C. B. Rumondor, M.Psi., Psikolog. Pada topik ini, siswa dari SMA Global Mandiri akan mendapatkan informasi dan dapat melakukan pengenalan terhadap stres, gejala-gejala yang terjadi secara fisik, emosi dan juga perilaku, selain itu mereka akan mengetahui bagaimana cara menghadapi stres dan teknik relaksasi yang dapat dilakukan ketika mereka menghadapi stres itu sendiri.

Ilmu Psikologi merupakan sebuah ilmu yang yang merujuk kepada bidang ilmu pengetahuan yang mengamati atau menilai sebuah perilaku manusia secara spesifik ataupun tidak, dan proses mental yang terjadi pada diri manusia itu sehingga terjadinya sebuah perilaku tersebut. Perilaku yang sedang dibicarakan sendiri adalah sebuah respon atau reaksi seseorang terhadap stimulus yang terjadi dan dapat diamati oleh diri sendiri maupun manusia lainnya, proses mental yang terjadi kepada seseorang terjadi dapat dikarenakan oleh pengalaman subjektif yang telah dialami oleh individu tersebut dan menjadi sebuah motif dibalik perilaku ataupun tindakan yang individu tersebut lakukan.

Pada trial class ini, dimulai dengan pengenalan dari Ibu Pingkan C. B. Rumondor, M.Psi., Psikolog dan setelah itu ice breaking yang dilakukan oleh Ananda Rizki dengan cara bermain sambung kata dan siswa SMA Global Mandiri akan dibagi menjadi 2 tim untuk berkompetisi tim siapa yang memiliki kesalahan yang lebih sedikit, setelah sesi ini berakhir baru dimulai materi yang akan dibawakan oleh Ibu Pingkan mengenai hal apa saja yang mereka dapat antisipasi jika memilih jurusan Psikologi seperti pengertian dasar dari Psikologi, prospek karir seperti apa yang menunggu mereka dan diperlihatkan beberapa alumni jurusan Psikologi Binus yang telah bekerja dibidang yang berbeda beda seperti di Google, Ceo, Psikolog, dan menjadi Mental Health Counselor. Setelah itu, Ibu Pingkan memberikan penjelasan bahwa pada semester 1 sampai dengan semester 4, mahasiswa akan mendapatkan ilmu dasar teori Psikologi dan ilmu dasar untuk metode penelitian, setelah itu pada semester 5 para mahasiswa dapat memilih peminatan yang mereka senangi diantara mata kuliah minor ataupun free elective, pada perkuliahan minor sendiri, mahasiswa dapat memilih diantara industrial and organizational Psychology, community psychology, dan educational Psychology, dan pada free elective mereka dapat memilih mata perkuliahan dari jurusan lain yang mereka minati. Pada semester 6 sampai dengan 7, mahasiswa akan melanjutkan studi mereka diluar kelas dengan memilih Enrichment Program yang memiliki pilihan seperti Internship, Community Development, Study Abroad, Research, Entrepreneurship, dan Technology Use.

Setelah sesi pengenalan berakhir, Kak Pingkan mulai menjabarkan materi yang telah dipersiapkan yaitu “Teknik Relaksasi Anti Stress” yang dimulai dengan penjelasan mengenai apa itu stres, perbedaan antara Distress dan Eustress, serta apa yang biasanya dapat menyebab stres tersebut muncul. Gejala-gejala stres yang terbagi menjadi 3 bagian yaitu gejala fisik, gejala emosi, dan gejala perilaku yang dapat terlihat kalau seseorang sedang mengalami stres, yang dilanjutkan dengan sebuah permainan 2 truths 1 lie, dimana 2 siswa dari SMA Global Mandiri maju dan memberikan 2 pilihan kebenaran yang mereka sering lakukan jika dilanda stres dan 1 kebohongan untuk kegiatan yang mereka lakukan pada saat stres, dan teman-teman mereka yang lain dapat menebak diantara ketiga kegiatan tersebut yang mana adalah sebuah kebohongan. Setelah sesi game selesai, dilanjutkan dengan cara-cara mengatasi dan mengelola stres tersebut. Pada sesi ini, siswa mendapatkan kesempatan untuk melakukan Butterfly Hug untuk mencoba untuk menenangkan diri dan dilanjutkan dengan kegiatan mengatur pola nafas mereka selama 1 menit yang nantinya akan diiringi oleh kegiatan Butterfly Hug tersebut.

Di akhir sesi trial class, para siswa SMA Global Mandiri dapat bertanya kepada Ibu Pingkan mengenai materi yang sudah disampaikan ataupun pertanyaan mengenai Psikologi lainnya, setelah sesi tanya jawab berakhir, sebelum trial class diakhiri, ada sebuah kuis kahoot untuk me-refresh kembali ingatan mereka mengenai topik yang telah mereka pelajari di trial class tersebut.

Penulis:
Ananda Rizki Pratama – 2440085165
Zulfikar Syah Rakeen – 2440072396

Di unggah pada:
15 Desember 2023