Pada hari Jumat, 8 Desember 2023 jurusan Psikologi Universitas Bina Nusantara  mengadakan trial class yang diadakan di kampus Binus Bekasi dan dihadiri oleh siswa kelas 12 SMA swasta Diponegoro 1 Jakarta Timur yang dilakukan di ruangan 511. Trial Class ini bertujuan untuk memperkenalkan sedikit dasar dari jurusan Psikologi agar siswa kelas 12 yang memiliki minat di Psikologi sudah mengetahui dan memahami mengenai jurusan ini. 

Dalam pertemuan ini, topik yang dibahas yaitu “Bring Out The Best Of Me” dengan tujuan untuk lebih mengenal diri sendiri atau lebih mengetahui diri kita sendiri. Materi ini dibawakan oleh dua dosen psikologi yaitu kak Hasna Hafizhah Salma, S.Psi., M.Psi., Psikolog dan kak Yan Andre Peranginangin, M.Psi., Psikolog. Trial class ini diawali oleh sesi ice breaking yaitu “tepuk tangan” dimana ice breaking ini bertujuan untuk melatih kefokusan siswa sebelum mendengarkan materi. Setelah itu sebelum penyampaian materi, setiap siswa diberikan dua lembar kertas kosong. Materi pertama dibawakan oleh kak Hasna Hafizhah Salma, S.Psi., M.Psi., Psikolog. Beliau melemparkan pertanyaan kepada siswa apakah mereka tahu kelebihan dan kekurangan di dalam diri mereka. Jawaban tersebut ditulis di kertas kosong yang telah dibagikan. Kemudian, materi kedua dibawakan oleh kak Yan Andre Peranginangin, S.Psi., M.Psi., Psikolog. Beliau membawa materi tentang Lumina yang dimana ini merupakan alat tes psikologi yang dapat mengetahui warna diri yang paling dominan. Lumina memiliki 4 warna yaitu hijau, kuning, biru, dan merah. Di dalam materi tersebut beliau meminta siswa untuk memilih dari pernyataan yang tertera mana yang paling cocok untuk mereka. Setelah itu pernyataan tersebut memiliki warnanya masing-masing. Beliau juga menjelaskan arti dari warna-warna tersebut. 

Setelah penyampaian materi kak Hasna dan kak Yan memberikan 3 kesempatan kepada siswa yang bisa menjelaskan apa saja yang mereka dapatkan dari presentasi pada hari ini dan menjawab pertanyaan kemudian diberikan reward melalui e-wallet

Penulis: 

  • Adisti Khaerunnisa Putri Harahap – 2502021443
  • Murtika Lawensari Pasaribu – 2502004701

Di unggah pada:
15 Desember 2023