Hai, Teman-Teman. Pada tanggal 16, 23 dan 30 November 2023 kemarin, Jurusan Psikologi BINUS kedatangan 4 orang mahasiswa dari Universitas Malaysia Sarawak atau UNIMAS. Kedatangan mahasiswa UNIMAS untuk merasakan pengalaman yang berbeda di BINUS University.

Hari pertama, yaitu pada hari kamis tanggal 16 November 2023. Mahasiswa UNIMAS merasakan pengalaman berkuliah di Kampus Anggrek dengan mengikuti mata kuliah Indigenous Psychology dengan Bapak Dr. Yosef Dedy Pradipto L.Th., M.Hum. Mata kuliah ini diselenggarakan pada jam 09.20 – 13.00. Di dalam kelas, mahasiswa UNIMAS tidak hanya memperhatikan di kelas Pak Dedy, namun juga berdiskusi dengan teman kelas yang lain. Setelah selesai mengikuti kelas, Mahasiswa UNIMAS melakukan campus tour di Kampus Anggrek, mereka mengunjungi LKC, kantin dan banyak tempat di Kampus Anggrek. Tidak hanya itu, mereka juga membeli beberapa souvenir di Beehiv.

Hari kedua, yaitu pada hari kamis tanggal 23 November 2023. Mahasiwa UNIMAS berkesempatan untuk mengunjungi Kampus Kijang. Pada kesempatan kali ini, mahasiswa UNIMAS berkesempatan untuk mengikuti kegiatan Festive Dish. Festive Dish merupakan kegiatan gabungan antara Jurusan Sastra Inggris dan dua universitas yang berbeda. Acara tersebut bertujuan untuk menjelaskan tentang makanan dari dua universitas yang berbeda. Di kesempatan kali ini, Festive Dish menjelaskan makanan dari Indonesia dan Malaysia. Acara ini bertujuan untuk mempromosikan pemahaman antarbudaya dan meningkatkan hubungan antara mahasiswa dari dua negara yang berbeda.

Hari ketiga, yaitu hari Kamis tanggal 30 November 2023. Mahasiswa UNIMAS mengikuti kelas Counseling Psychology di Kampus Kijang yang diajar oleh Ibu Angela Dyah Ari Pramastyaningtyas, B.A., M.A., Ph.D. Kelas Counseling Psychology diselenggarakan pada jam 11.20 – 13.00. Seperti pada hari pertama, Mahasiswa UNIMAS mengikuti kelas yang dijelaskan oleh Dosen dan melakukan diskusi oleh mahasiswa di kelas. Selain itu, Mahasiswa UNIMAS melakukan campus tour di Kampus Kijang, mereka mengunjungi LKC dan Fakultas Humaniora.

Dengan diselenggarakan kegiatan ini, BINUS dapat dikenal oleh banyak negara dan dapat melakukan pertukaran informasi dan budaya oleh negara yang berbeda. Harapannya BINUS dapat terus menjalin kerjasama dengan UNIMAS dan dapat lebih banyak menjalin relasi dengan Universitas lainnya!

Penulis:
Andini Titis Galih Utami

Di unggah pada:
14 Desember 2023