Digital humanities (DH) adalah komunitas yang mengedepankan pendekatan multidisiplin dari berbagai ilmu humaniora dan digital. Hal ini mencakup penggunaan sumber daya digital secara sistematis di ranah ilmu-ilmu humaniora – termasuk tentu saja aplikasi serta analisis penerapannya. DH juga merupakan upaya bagaimana mengadvokasi kemanusiaan di era digital serta sarana untuk memudahkan manusia. Aspek-aspek yang ada pada digital humanities ada 4 yakni: aspek teoretis, epistemologis, metodologis dan historis.

Pada tahun 2019, Alliance of Digital Humanities Organizations (ADHO), bertempat di Utrecht University – Belanda, mengadakan konferensi dengan tema “Complexities” – beragam kompleksitas. Dengan tema kompleksitas ini ADHO hendak menginspirasi kalayak ramai agar sempat mengarahkan perhatian dan fokus pada DH sebagai cara humanis dalam membangun model yang kompleks dari realitas yang ada yang ternyata cukup kompleks. Kompleksitas realitas yang pada gilirannya menjadi bangunan model teoritis mesti dianalisis dengan menggunakan metode komputasi untuk kemudian dipaparkan dan dipresentasikan – dikomunikasikan hasilnya kepada masyarakat luas.

Selain itu, tema ini menantang kita semua untuk memikirkan dan merefleksikan baik kompleksitas maupun keragaman teoritis yang berkembang, interaksi sosial dan kehidupan sosio-kultural berkaitan dengan DH. Komunitas DH sangat membutuhkan peran serta berbagai komunitas dan pihak yang dapat secara sadar dan kritis menanggapi tumbuh kembang DH. Konferensi ini dan berbagai jejaring, lembaga dan institusi serta industri yang bersentuhan dengan DH membuka ruang interaksi berbagai komunitas sebagai wahana berbagi – sharing hasil penelitian, pemikiran, gagasan dan ide seputar DH.

Sumber:

  • Alliance of Digital Humanities Organizations. (2018, October 1). Digital Humanities 2019: Complexities – Call for Papers. WordPress. Retrieved from https://adho.org/2018/10/01/digital-humanities-2019-complexities-call-for-papers/ 
  • James A. Pershing (editor). 2006. Handbook of Human Performance Technology: Principles, Practices, and Potential. Pfeiffer. Market Street, San Francisco. pp. 6-13. ISBN:0787965308.

Oleh:
– Yosef Dedy Pradipto
– Ayesha Khashia P.K.
– Farah Sabina
– Yasmin Luthfia
– Zaraa Oase Cinta Inoka

Di unggah pada:
13 Desember 2023