Digital Humanities merupakan gabungan dari titik temu antara ilmu humaniora dengan ilmu teknologi yang memiliki tujuan untuk mendalami fungsi dan kegunaan media digital dari perspektif humaniora. Digital Humanities juga bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang terjadi antara peran media digital terhadap minat pekerja dalam suatu bidang pekerjaan.

Digital Humanities adalah tentang upaya bagaimana mengadvokasi kemanusiaan di era digital. Istilah Digital Humanitiessering dijelaskan sebagai digital plus humaniora atau digital dalam upaya meningkatkan dan memperluas ruang layanan pada kemanusiaan. Investigasi struktur kekuasaan – historis, sosial, dan politik – adalah wilayah humaniora, begitu pula artikulasi imajiner dan pemeriksaan kritis terhadapnya. Digital Humanities menjadi kesempatan tidak hanya untuk menemukan orientasi baru (alat, teknologi, data, visualisasi, dan mereka yang terlibat dan berkolaborasi dari disiplin ilmu lain) melainkan juga untuk mengkaji dan menelaah mengapa belum pernah ada ruang perjumpaan sebelumnya untuk saling mengenal, memahami dan menjalin kolaborasi itu sangat mungkin dan merupakan sebuah keniscayaan. Diskursus semacam itu penting agar terhidar dari replikasi struktur kekuasaan yang mungkin tidak disengaja dari model lama yang dianut. Digital Humanities pada dasarnya menempatkan teknologi digital sebagai sarana untuk memudahkan pekerjaan manusia.

Dalam tulisannya, Hariadi, Handayani dan Fortuna (2022), menunjukkan hasil penelitian di bidang pertanian yang secara khusus menelaah dan berupaya memprediksi minat kaum muda untuk bekerja di bidang pertanian sebagai bentuk keberlanjutan usaha di bidang pertanian saat ini. Salah satu yang diteropong dalam paper ini adalah bagaimana menelaah variabel-variabel yang dapat mempengaruhi sidap kaum muda untuk berminat melanjutkan usaha pertanian yang telah dirintis sebelumnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efikasi diri, peran orang tua dan pemanfaatan media sosial sangat berkontribusi pada sikap positif kaum muda pada industry pertanian.

Sumber:
Hariadi, S. S., Handayani, A. W., & Fortuna, P. E. D. (2022). Peran Digital Humanities dalam Upaya Regenerasi SDM untuk Mewujudkan Pembangunan Pertanian Berkelanjutan. Jurnal Kawistara, 12(2), 153-167

Oleh:
– Yosef Dedy Pradipto – D43671
– Chandria Chika – 2501984184
– Edinia Salsabilla – 2502042523
– Talitha Hasna Salsabila – 2502034856
– Trista Sarah Ardine – 2501979373