Pada hari Senin, 2 Oktober 2023, jurusan Psikologi Universitas Bina Nusantara mengadakan kegiatan trial class di kampus Binus Bekasi untuk siswa kelas 11 & 12 SMA John Paul School Bekasi. Topik yang dibahas dalam trial class adalah “Anxiety, Stress, And How To Survive With Mindfulness.” Kegiatan dilakukan di ruang 401 atau ruang Laboratorium Psikologi kampus Binus Bekasi. Adapun tujuan dalam pemilihan topik tersebut adalah agar para siswa SMA yang sebentar lagi akan memasuki tahap perkuliahan dapat terhindar dari kecemasan dan stres yang tinggi dikarenakan oleh adanya tekanan dari luar maupun dari dalam. Para siswa juga diharapkan mampu untuk mengatasi rasa kecemasan dan stres yang dialami. Dengan demikian, nantinya siswa dapat memiliki kegiatan akademik dan kehidupan yang lebih produktif, sehat, dan bahagia. Selain itu, trial class diadakan untuk memperkenalkan jurusan Psikologi Binus dan materi-materi dasar yang dipelajari nanti, seperti pengertian Psikologi, potensi karir dari jurusan Psikologi, dan penjelasan mengenai apa itu stres dan cara mengatasinya.

Materi tersebut dibawakan oleh Kak Gary Collins Brata Winardy, M.Psi. selaku dosen dari Jurusan Psikologi Universitas Bina Nusantara. Kegiatan trial class diawali dengan sesi ice breaking melalui kuis mentimeter yang bertujuan untuk mengasah pengetahuan siswa/siswi seputar Psikologi. Setelah membahas kuis, Kak Gary memulai sesi trial class dengan menjelaskan proses perkuliahan sebagai seorang mahasiswa Psikologi di Binus University seperti kegiatan yang dilakukan dari semester 1 sampai 8, fasilitas yang disediakan oleh Binus, jenis pekerjaan dari alumni psikologi Binus dan lain-lain. Setelah itu, Kak Gary memasuki materi Anxiety, Stress, And How To Survive With Mindfulness.

Dalam sesi ini, siswa/siswi diminta untuk membagi pengalaman mereka dengan kecemasan dan stres serta bagaimana mereka biasanya mengatasi perasaan tersebut. Pada sesi ini juga Kak Gary memberikan contoh kasus anxiety dimana para siswa siswi menempatkan diri mereka sebagai tokoh dalam kasusnya. Mereka pun diminta untuk berbagi dan mendiskusikan solusi yang tepat untuk tokoh tersebut. Setelah materi anxiety dan stress selesai disampaikan, Kak Gary memasuki materi mengenai mindfulness, cara menerapinya dan manfaatnya. Pada akhir sesi trial class, diadakan sesi debriefing and conclusion dimana siswa siswi ditanyakan mengenai hal-hal yang mereka pelajari hari itu.

 

Penulis
– Najwa Cahya Azzura – 2440052936
– Rahma Alia Putri – 2502049252

Diunggah pada:
10 Oktober 2023