Memilih program studi atau jurusan untuk kuliah merupakan pertimbangan yang sangat penting bagi siswa SMA yang ingin melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi. Saat ini, masih banyak siswa SMA yang merasa bingung dalam menentukan pilihan jurusan mereka. Dalam rangka membantu siswa SMA untuk lebih memahami program studi yang ditawarkan di perguruan tinggi, jurusan Psikologi Universitas Bina Nusantara telah mengundang SMA Taruna Bangsa untuk menghadiri trial class Psikologi. Para siswa diberikan pemahaman tentang konsep dasar ilmu psikologi dengan memberikan penjelasan informasi mengenai esensi psikologi, pengenalan terhadap stres, gejala stres, cara menghadapi stres, teknik relaksasi, serta peluang karir yang tersedia bagi lulusan Psikologi.

Ilmu Psikologi merujuk pada bidang pengetahuan yang mengkaji perilaku dan proses mental yang terjadi di manusia. Perilaku sendiri diartikan sebagai tindakan yang dapat diamati secara langsung seperti mengetik, berbicara dengan senyum, menggunakan platform media sosial, gaya berjalan, dan berbagai tindakan lainnya. Selanjutnya, proses mental merujuk pada pengalaman subjektif yang dialami oleh individu yang tidak dapat diamati langsung oleh orang lain termasuk pikiran, perasaan, dan motif yang menjadi alasan di balik tindakan individu tersebut

Dalam trial class berjudul “Teknik Relaksasi Anti Stres” yang dibawakan oleh Kak Andrea Prita Purnama Ratri, S.Psi, M.A. menjelaskan berbagai tanda atau indikator yang mungkin dialami oleh seseorang ketika menghadapi situasi stres seperti gejala yang berasal dari dimensi fisik, emosional, dan perilaku. Kak Andrea Prita Purnama Ratri, S.Psi, M.A. memberikan presentasi trial class dengan pendekatan interaktif kepada siswa dan siswi SMA Taruna Bangsa. Tingkat minat siswa dan siswi SMA Taruna Bangsa terhadap materi tersebut sangat tinggi, sehingga banyak dari mereka mengajukan pertanyaan kepada pembicara yang menyampaikan presentasi tersebut.

Trial Class dimulai dengan sesi pengenalan agenda yang akan dilakukan selama kuliah di Binus University. Dalam sesi ini, Kak Prita memulai presentasi dengan memperkenalkan program studi Psikologi kepada para siswa SMA Taruna Bangsa. Mereka disajikan gambaran mengenai potensi karir untuk lulusan Psikologi, seperti administrator tes Psikologi, asisten peneliti, influencer, content-creator, dan sebagainya. Kemudian, dijelaskan bahwa selma semester 1 hingga 4, mahasiswa akan mendalami prinsip-prinsip dasar dalam teori Psikologi dan metode penelitian. Selanjutnya, pada semester 5, mahasiswa memiliki kebebasan untuk memilih mata kuliah minor atau free elective sesuai minat mereka. Beberapa pilihan mata kuliah minor yang tersedia untuk mahasiswa jurusan Psikologi diantaranya adalah Industrial and Organizational Psychology, Community Psychology, dan Educational Psychology. Pada semester 6 dan 7, mahasiswa akan mengikuti Enrichment Program yang terdiri dari 6 opsi track, yaitu Internship, Community Development, Study Abroad, Research, Entrepreneurship, dan Micro Credential. Disamping itu, Kak Prita juga menjelaskan metode belajar yang diterapkan oleh Binus University khususnya di jurusan Psikologi, yaitu metode Personalized Learning dan Technology Use beserta benefits-nya. Para siswa diberikan pemahaman mengenai apa saja posisi untuk mahasiswa Psikologi yang menjalani track Internship.

Saat masuk ke sesi berikutnya, Kak Prita mulai menjelaskan materi “Teknik Relaksasi Anti Stres”, dimulai dari definisi stres, gejala, dan cara menghadapinya atau yang biasa disebut dengan coping. Para siswa dilatih untuk melakukan teknik bernapas secara perlahan dan memeluk diri sendiri (butterfly hug) guna mengatasi kecemasan dan stres. Selama kegiatantrial class berlangsung, para siswa SMA Taruna Bangsa tampak antusias dan interaktif sehingga dapat memahami materi-materi yang diberikan. Pertanyaan-pertanyaan yang diberikan Kak Prita kepada para siswa dapat dijawab dengan baik. Beberapa siswa juga memberikan beberapa pertanyaan ketika sesi Tanya Jawab dan menyatakan bahwa mereka tertarik untuk bergabung dengan jurusan Psikologi.

Penulis
– Adiel Ananda Putra 2440051132
– Ananda Rizki Pratama 2440085165

Diunggah pada:
4 Oktober 2023