Pendidikan merupakan aspek penting yang diperlukan banyak orang terutama pada anak-anak. Tingkat sekolah dasar (SD) merupakan tingkatan pendidikan awal bagi anak-anak karena dalam tahap ini anak sedang mengalami perkembangan yang rentan dan krusial. Dalam rangka membantu orang tua untuk memahami peran mereka dalam perkembangan emosional anak-anak. SD TIRTAMARTA BPK PENABUR CINERE menyelenggarakan trial class yang dapat membantu mereka mendukung emosional anak dengan mengundang ka Pingkan C.B. Rumondor S.Psi, M.Psi sebagai pembicara. Trial class ini memiliki beberapa tujuan yaitu untuk memahami kebutuhan psikologis anak berdasarkan tahap perkembangan, memahami dampak yang terjadi jika kebutuhan tidak terpenuhi, pengelolaan emosi orang tua dan melatih orang tua untuk dapat bersikap lebih empatik terhadap anaknya

Trial class ini hadir agar orang tua lebih memperhatikan dan memberikan dukungan emosional kepada masing-masing anak karena masih banyak orang tua yang cenderung tidak peduli terhadap anaknya sehingga mereka hanya memberikan dukungan secara finansial saja namun tidak dengan kebutuhan psikologis. Dampak yang ditimbulkan adalah anak berpotensi dalam permasalahan lingkungan sekolah. Orang tua harus sadar bahwa perilaku mereka kepada anaknya dapat membentuk perilaku anak di sekolah. Orang tua yang dapat memberikan dukungan finansial dan dukungan emosional dapat membentuk anak berperilaku baik di sekolahnya, namun orang tua yang tidak memberikan dukungan emosional dan sering kali menyakiti anaknya secara verbal maupun nonverbal berpotensi untuk menghasilkan anak yang berperilaku tidak baik di sekolah sehingga berkemungkinan untuk merugikan orang lain.

Trial class ini hadir untuk membantu orang tua untuk lebih sadar terhadap kebutuhan psikologis dan memberikan dukungan emosional untuk memenuhi kebutuhan psikologis anaknya. Peran orang tua adalah memberikan dukungan emosional pada anak. Tujuannya agar orang tua dapat memahami kebutuhan psikologis anak berdasarkan tahap perkembangannya, memahami dampak jika kebutuhan tersebut tidak terpenuhi, dapat menentukan cara mengelola emosi, mampu memahami dampak jika kebutuhan emosi tersebut tidak terpenuhi dan dapat menumbuhkan empati pada anak.

Anak yang mendapat dukungan yang cukup dan tepat akan berkembang dengan baik dan mempunyai keberanian untuk maju dan berkembang. Hubungan yang baik dengan orang tua memungkinkan anak untuk menjalin ikatan, menepati janji, menaati perintah dan menjauhi larangan. Sebaliknya jika kebutuhan dukungan emosional tidak terpenuhi, anak akan menjadi individu yang takut melakukan kesalahan, sulit berkembang, dan cenderung pemalu. Reaksi yang mereka terima ketika melakukan kesalahan atau kegagalan membuat mereka takut untuk mengambil keputusan secara mandiri. Anak akan berkembang lebih lambat dibandingkan anak lainnya jika mereka mendapat dukungan emosional yang tepat dan efektif dari orang tuanya. Sebagai orang tua, kita perlu mengetahui bahwa kebutuhan anak kita perlu dipenuhi, tidak hanya dalam hal kasih sayang dan waktu, tetapi juga dalam mendukung apa yang mereka pelajari. Oleh karena itu kegiatan trial class tersebut diadakan teknik cara kelola emosi dengan bernapas perlahan atau disebut “Relax: box breathing”. Teknik ini melatih untuk lebih tenang dan tidak mudah emosi.

  • Rajend Deparla Regar 2502011695 –
  • Wanda Putri Tamardandika 2502052524 –