Siswa dan siswi yang sedang menduduki bangku kelas Sekolah Menengah Atas pasti sangat rentan dalam pergaulan. Tak jarang dari mereka yang berteman dengan berkelompok, akibatnya banyak sekali kasus bullying yang terjadi di zamanini. Maka dari itu, Binus mengadakan acara Trial Class yang bertujuan untuk mengetahui definisi dan jenis jenis dari bullying itu sendiri. Kegiatan ini diawali dengan ice breaking yang dibawakan oleh para siswa BPK PenaburSummarecon Bekasi kemudian dilanjut dengan materi yang dibawakan oleh pihak Binus University, lalu setelah materiselesai dibawakan saya membantu untuk membuat ice breaking agar mencairkan suasana pada saat itu.

Materi Trial Class yang dibawakan dipandu oleh Kak Pratiwi Hozeng, M.Psi., Psikolog. Materi dimulai denganmenjelaskan jenis-jenis bullying yang sering terjadi, dimana siswa-siswi sebelumnya ditanyakan mengenai pengetahuannya tentang jenis-jenis bullying yang ada. Dari pertanyaan tersebut, banyak siswa-siswi yang telah mengenali definisi bullying. Setelah siswa dan siswi menjawab, Kak Pratiwi Hozeng, M.Psi., Psikolog melanjutkan penjelasan dari materi tersebut dengan memberikan contoh dari kasus bullying, faktor yang mempengaruhi dan dampak yang terjadi.

Saat materi sedang dibawakan, siswa-siswi aktif dalam menjawab dan bertanya. Namun, setelah saya memperhatikan banyak juga siswa yang terlihat mengantuk maka setelah materi selesai dibawakan, saya mulai menyapa siswa-siswi dan mengajak untuk melakukan ice breaking berupa game yang bernama “Sambung Kata”. Saya menjelaskan bagaimana cara bermain dan meminta 6 siswa untuk maju kedepan untuk bermain game. Saat game dimulai, suasanaberubah menjadi hidup kembali dan siswa kembali menjadi semangat. Saya mengambil 3 pemenang untuk diberikan hadiah berupa pulpen dari Binus University. Setelah ice breaking selesai dan melihat suasana telah hidup kembali untuk mengakhiri Trial Class Kak Pratiwi Hozeng, M.Psi., Psikolog memberikan beberapa pertanyaan berupa kuis berhadiah untuk siswa-siswi yang berani menjawab. Siswa-siswi banyak yang mengangkat tangan untuk menjawab pertanyaan,dan jawaban dari mereka pun sangat menarik. Di akhir kegiatan, pihak BPK Penabur memberikan penghargaan kepadapembicara yaitu Kak Pratiwi Hozeng, M.Psi., Psikolog.

Penulis
Nabila Tsania Ananta