Pada hari Selasa, 5 September 2023 para Freshmen jurusan Psikologi B2027 mengunjungi Laboratorium Psikologi Kemanggisan. Sebanyak kurang lebih 10 (sepuluh) kelompok secara bergantian mengunjungi Laboratorium Psikologi.

Kegiatan ini dimulai dengan adanya kegiatan Academic Experience yang merupakan salah satu rangkaian kegiatan First Year Program (FYP). Academic Experience adalah kegiatan yang ditujukan kepada Freshmen B2027 agar dapat mengetahui informasi atau pengetahuan mengenai jurusan yang dipilih. Selain itu, melalui kegiatan Academic Experience ini para Freshmen B2027 juga mendapatkan beberapa benefit yang ia peroleh, seperti bertemu dengan pemimpin jurusannya secara langsung, melihat hasil karya dari para mahasiswa senior di jurusannya, dan dapat mendatangi fasilitas-fasilitas penunjang pembelajaran di jurusannya (Student Binus, n.d).

Didampingi oleh staf Lab dan beberapa mahasiswa magang di Laboratorium Psikologi Kemanggisan, para Freshmen B2027 diperlihatkan beberapa ruangan yang ada di Lab Psikologi, seperti ruang staff Lab, ruang observasi, ruang kelas untuk praktikum, ruangĀ eksperimen, dan lain sebagainya. Selain itu, para Freshmen juga diperkenalkan alat-alat eksperimen dalam bentuk analog maupun digital yang ada di Laboratorium Psikologi. Fasilitas Lab Psikologi biasa digunakan untuk mengakomodasi mata kuliah praktikum, yakni Statistics for Psychology dan Methods of Observation and Interview.


Setelah para Freshmen ditunjukkan beberapa ruangan yang ada di Laboratorium Psikologi, selanjutnya para Freshmen berkesempatan untuk mencoba salah satu alat eksperimen, yaitu Reaction Time Bunyi.

Referensi:
Student Binus. (n.d). First year program phases. Retrieved from https://student.binus.ac.id/fyp/first-year-program-phases/#academic-experience

Penulis: Salwa Rizki Ardani