Sekolah Menengah Atas (SMA) merupakan sistem pendidikan Indonesia. Di masa ini mereka belajar selama 3 tahun, pada kelas 12 merupakan tahap mereka menyelesaikan pendidikan menengah dan mempersiapkan diri untuk melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi yaitu perkuliahan. Pada tahap ini siswa/i akan menentukan yang lebih spesifik yang sesuai dengan minat dan keinginan mereka, setelah itu mereka akan melaksanakan persiapan ujian nasional dan memilih pendidikan tinggi.

Pada trial class yang dilaksanakan pada tanggal 18 Agustus 2023 ini berjudul “Introduction to Understanding Personality” yang menjelaskan tentang pengertian personality atau kepribadian. Pada materi yang dibawakan pada trial class ini juga diberikan pengetahuan tentang bagaimana cara kita mengetahui kepribadian orang lain, memberi pengetahuan mengenai five factors theory, siswa/i juga diberikan tes online untuk mengetahui kepribadian masing-masing dan ada video games menebak kepribadian seseorang.

Pada trial class yang diberikan oleh Dr. Pingkan C. B. Rumondor, yang berjudulkan “Introduction to Understanding Personality” menjelaskan tentang apa yang dimaksud dengan personality atau kepribadian, bagaimana cara kita untuk mengetahui kepribadian seseorang. Pada trial class ini juga dijelaskan five factors theory. Pada awal sesi siswa/i ditanya apakah mereka pernah menebak kepribadian orang lain berdasarkan zodiak, bentuk wajah, tanggal lahir, bentuk badan, dan golongan darah. Setelah itu, baru masuk ke materi inti yaitu pengenalan personality dan big five theory.

Materi inti pada trial class ini merupakan pengenalan personality dan big five theory. Pada trial class ini siswa/i diajarkan tentang pengertian kepribadian yang dimana kepribadian merupakan pola sifat dan kepribadian yang berbeda-beda dari setiap orang. Sifat merupakan perbedaan kontribusi seseorang diaspek perilakunya, bagaimana perilakunya menetap dari waktu ke waktu. Karakteristik merupakan keunikan kualitas dari seseorang yang meliputi fisik, dan kecerdasan. Untuk mengetahui kepribadian seseorang hal yang dapat dilakukan adalah dengan cara observasi, melakukan interview, dan melakukan sebuah tes. Lalu, pada trial class ini siswa/i dijelaskan mengenai big five theory yang bertujuan untuk mengetahui kepribadiannya masing-masing. Big Five Theory ini ada 5 macam kepribadian yaitu Openness, Conscientiousness, Extraversion, Agreeableness, dan Neuroticism. Penjelasan dari berbagai aspek Big Five Theory tersebut adalah:

  • Openness, yaitu mengenai keterbukaan seseorang akan pengalaman yang baru dan lebih menyukai orang yang membutuhkan kenyamanan dengan orang yang dikenal. Seseorang yang memiliki tingkat kreativitas, imajinatif, dan senang berpetualang yang tinggi.
  • Conscientiousness, merupakan seseorang yang memiliki rencana yang terorganisir dan harus teratur seseorang yang memiliki kepribadian ini selalu dapat diandalkan dan tidak bergantungan dengan orang lain. Mereka lebih memilih untuk merencanakan sesuatu dengan tertata.
  • Extraversion, merupakan seseorang yang memiliki kepribadian yang memiliki energi kuat untuk melakukan aktivitas sosial, mereka lebih sering banyak bicara dan nyaman berada didalam komunitas.
  • Agreeableness, merupakan seseorang yang memiliki kepribadian yang dapat dipercaya, baik hati dan peduli akan orang sekitarnya.
  • Neuroticism, merupakan seseorang yang memiliki ketidakstabilan emosional, mereka lebih cenderung aktif dan bersemangat tetapi bisa juga mereka menunjukkan rasa emosi yang tidak semangat.

– Gabriela Gaizka Kristono & Wanda Tri Annisa –