“Psychology” berasal dari Bahasa Yunani kuno yang terdiri dari dua kata “Psyche” yang berarti Jiwa dan “Logos” yang memiliki arti ilmu. Secara bahasa, psikologi adalah ilmu mengenai kejiwaan. Psikologi sendiri adalah cabang ilmu sains yang mempelajari hubungan antara proses mental dan perilaku manusia yang artinya ada banyak aspek yang dipelajari dalam psikologi, termasuk bagaimana manusia belajar bagaimana manusia berinteraksi dengan lingkungannya, pengaruh lingkungan terhadap kondisi mental seseorang, emosi, dan segala hal yang berhubungan dengan mental dan perilaku manusia. Dengan mempelajari psikologi, dapat membantu seseorang untuk memahami dirinya lebih baik. Pengetahuan tentang ilmu psikologi yang melibatkan banyak aspek pikiran, perilaku, emosi, dan motivasi dapat membantu seseorang untuk menilai diri sendiri, menggali minat, potensi karir yang dimiliki.

Hal-hal seperti ini penting untuk dipelajari siswa-siswi sebagai bekal karir dan cita-cita untuk masa depan mereka dan pada tanggal 19 Agustus 2023. Para siswa yang tergabung dalam gerakan pramuka dari seluruh Indonesia mendapat kesempatan untuk mempelajari psikologi melalui seminar “Trial Class” disampaikan dengan sangat meriah oleh Ketua Jurusan Psikologi Universitas BINUS langsung Dr. Esther Widhi Andangsari, M.Si., Psi. Trial Class ini dimulai dengan pemberian ice breaking selama 15 menit yang setelahnya dilanjutkan dengan penyampaian materi mengenai kepribadian dari Ibu Esther. Penyampaian materi dimulai dengan menjelaskan pengertian ilmu psikologi dan dilanjutkan ke materi inti yaitu kepribadian. Para siswa yang tergabung dalam komunitas pramuka ini diajarkan untuk mengetahui bagaimana cara memahami karakteristik yang dimiliki oleh mereka. Diawali dengan memahami “Siapa saya?” dan dilanjutkan dengan pemahaman diri ingin menjadi diri mereka yang seperti apa. Setelah mereka dapat memahami diri mereka, diberikan beberapa pilihan pernyataan yang paling menggambarkan diri mereka sebanyak 2 kali, lalu mereka diminta untuk memilih pernyataan yang paling sesuai. Setiap pernyataan tersebut menunjukan warna energinya masing-masing. Terdapat 4 jenis warna energi yaitu hijau, kuning, biru, dan merah. Ibu Esther juga menjelaskan karakteristik dari masing-masing warna energi tersebut supaya mereka bisa lebih memahami diri mereka. Lalu, untuk memastikan para siswa sudah memahami penjelasan Ibu Esther, Para siswa diminta untuk mengidentifikasi warna energi dari tokoh-tokoh terkenal seperti Ir. Soekarno, Ibu Iriana, Detective Conan, Sule dan Cak Lontong.

Setelah itu, para peserta gerakan pramuka dari seluruh Indonesia diberikan pemahaman yang lebih dalam lagi serta diiringi dengan materi-materi terkait diri mereka seperti hobi, cita-cita dan cara menjadi tumbuh. Para siswa diminta untuk menuliskan 3 hobi dan cita-cita mereka di kertas. Ada siswa yang memiliki hobi dan cita-cita yang selaras, namun ada juga yang sangat bertentangan. Terakhir, para siswa diminta untuk menuliskan lesson learned dari seminar hari ini.

-Agata Saptari Putri-