Psikologi menjadi salah satu Program studi atau jurusan yang banyak diminati oleh siswa Sekolah Menengah Atas (SMA). Banyak dari siswa yang tertarik dengan profesi – profesi yang dapat diambil ketika menjadi lulusan Sarjana Psikologi, dimulai dari Human Resources Department (HRD), Terapis, Konselor, Guru Bimbingan Konseling (BK), Penulis, Dosen, dan Peneliti. Keterlibatan Psikologi dalam bidang hukum terutama kasus-kasus pengadilan menjadikan banyak siswa SMA menjadi penasaran dan kagum dengan bidang keilmuan Psikologi Forensik. Ketertarikan tersebut menjadikan Jurusan Psikologi Universitas Bina Nusantara mengundang SMA Islam Al-Azhar 4 menghadiri Trial Class Psikologi pada tanggal 25 Juli 2023. Acara dikemas dalam bentuk seminar secara tatap muka di Ruang Observasi Universitas Bina Nusantara Bekasi.

Acara dibuka dengan pengenalan ruangan yang ada di laboratorium Psikologi, tampak siswa antusias melihat ruangan-ruangan yang ada dengan masuk ke dalam ruangan dan melihat sekeliling. Acara kemudian dilanjutkan dengan pemberian ice breaking yang mengasah analisa para siswa. Setelah selesai, masuklah ke sesi utama yaitu pengenalan Psikologi Forensik. Trial Class ini dibawakan oleh Dr. Istiani, M.Psi. Beliau mulai memaparkan apa itu ilmu psikologi, dilanjutkan dengan apa itu psikologi forensik, hubungan antara psikologi dan hukum, peran psikologi forensik, Jenis – jenis ujian forensik, dan karir apa saja yang bisa didapat sebagai lulusan psikologi forensik. Selain itu, ibu isti juga mengangkat kasus-kasus yang sedang hangat di Masyarakat, dan yang menarik siswa-siswa tersebut mengikuti perkembangan kasus tersebut dan antusias menganggapi.

Siswa-siswi SMA Al-Azhar 4 Kemang Pratama didampingi dengan guru memiliki keingintahuan dan rasa penasaran yang tinggi. Guru dan beberapa siswa antusias menanyakan terkait tokoh ahli psikologi yang pernah dijumpainya, kasus-kasus hot di media sosial dan keterlibatan psikolog forensic dalam kasus tersebut. Melalui trial class ini, siswa-siswa mendapatkan banyak wawasan terkait psikologi forensik dan membantu mereka semakin tahu apa yang ingin dipilih setelah lulus SMA.

Penulis
Agata Saptari Putri