Pada hari Kamis, 11 Mei 2023 kelas Psychology of Training and Development LB64 bertempat di Binus Bekasi menghadirkan dosen tamu dari Transforma Consulting terkait aplikasi praktis dari training. Transforma Consulting adalah sebuah perusahaan konsultan terkemuka di bidang pengembangan sumber daya manusia yang menghadirkan inovasi berkelanjutan untuk membantu kliennya mengeksplorasi sumber daya manusia dan perubahan organisasi dengan meningkatkan kinerja karyawan secara keseluruhan.  

Dalam kelas ini, para praktisi terbaik dari Transforma Consulting dijadikan sebagai dosen tamu, untuk memberikan berbagai pengetahuan dan pengalaman mereka kepada para mahasiswa. Aspek yang cukup menarik dan menjadi highlight pada kegiatan ini adalah para dosen tamu berusaha untuk menghubungkan konsep-konsep yang telah diajarkan dengan situasi dan tantangan yang dihadapi peserta di kehidupan pekerjaan nantinya.  Materi yang disampaikan oleh dosen tamu Transforma Consulting mencakup beragam topik, pembahasan dimulai dengan penjelasan secara umum terkait training dan skill apa saja yang dibutuhkan sebagai trainer atau fasilitator. Selanjutnya, pembahasan mulai mendalam dengan penjelasan dari step of training serta memastikan transfer of training, sehingga training yang dilaksanakan memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi para peserta. Lalu, di akhir dosen tamu juga membahas mengenai training evaluation, yaitu suatu proses sistematis untuk menilai dan mengevaluasi efektivitas pelatihan atau program pengembangan yang telah dilaksanakan. Pada kegiatan kelas ini, mahasiswa tidak hanya mendengarkan para dosen tamu memberikan materi, tetapi kelas berjalan dengan interaktif karena adanya sesi mentimeter dan tanya jawab. 

Banyak sekali manfaat yang mahasiswa rasakan dengan kedatangan dosen tamu dari Transforma Consulting untuk lebih memahami materi yang diajarkan di kelas. Dengan adanya pendekatan praktis ini, maka terbentuk keterkaitan langsung antara pengetahuan yang diperoleh mahasiswa dan kehidupan sehari-hari mereka. Mahasiswa tidak hanya memahami teori di balik konsep-konsep tersebut, tetapi mereka juga dilengkapi dengan keterampilan dan strategi yang diperlukan untuk mengimplementasikannya. Dengan demikian, kelas dosen tamu Transforma Consulting memberikan manfaat nyata yang dapat dirasakan.  

Berikut lampiran dokumentasi kegiatan kelas dosen tamu dari Transforma Consulting: 

Penulis
Najwa Fakhriyahputri Feriyanto