Halo, Psytroopers! Bagaimana nih kabar perkuliahannya? Semoga baik-baik saja ya, terlebih pastikan exam mu eligible ya! 

 

Semester empat ini tentunya teman-teman sudah memilih peminatan apa sih yang cocok dengan minat dan bakat yang teman-teman miliki. Bagi sebagian teman-teman Psytroopers, semester empat ini membawa mereka yang mengambil peminatan Psikologi Industri dan Organisasi bertemu dengan salah satu mata kuliah yang kerap dianggap melelahkan, yaitu Psychology of Training and Development. Kira-kira belajar apa ya di mata kuliah itu sampai dianggap ‘melelahkan’? 

Psychology of Training and Development pada dasarnya mempelajari definisi dari training dan development dan bagaimana cara menerapkannya dengan ketentuan yang sudah ada. Karena itulah mahasiswa kerap menganggap hal itu ‘melelahkan’  karena mereka harus meluangkan tenaganya untuk kepentingan orang lain. Hm, tetapi apakah realitanya mata kuliah ini ‘melelahkan’?  

Kelas LB64 Psychology of Training and Development yang diajarkan oleh Mbak Dr. Anggita Dian Cahyani, S.Psi., M.A. telah melakukan kegiatan Dry Run Training yang sangat edukatif dan seru nih teman-teman! Pada kesempatan kali ini Dry Run Training dilakukan untuk Latihan Dasar Kepemimpinan Calon Pengurus OSIS XYZ yang dimana calon pengurus tersebut diperankan oleh kelompok yang tidak memberikan training saat itu. Kelompoknya sendiri terdiri dari 10 kelompok, yang dimana artinya akan ada 10 giliran untuk menjadi trainer. Dry Run Training yang dilakukan pun cukup variatif, mulai dari melakukan ice breaking sebagai pencair suasana, melakukan games sebagai pembelajaran yang edukatif dan seru, serta focus discussion group sebagai pembelajaran yang edukatif dan menantang.  

 Lalu, apa saja yang didapatkan dari melakukan Dry Run Training tersebut?  

Wah tentu banyak dong Psytroopers! Tentunya kita mendapatkan pengalaman situasi sesuai realita secara langsung. Walaupun, tentunya situasi akan berubah-ubah seiring berjalannya training. Seperti contohnya, trainee menunjukkan sifat yang variatif tentunya menjadi tantangan bagi trainer untuk mengayomi trainee yang ada. Oleh karena itu, kegiatan ini mengajarkan Mahasiswa Kelas LB64 Psychology of Training and Development tak hanya untuk memahami kondisi yang ada tetapi juga dapat memahami partisipan dari training tersebut. 

Bagaimana nih teman-teman Psytroopers tertarik tidak untuk mengambil peminatan Psikologi Industri dan Organisasi? Semoga teman-teman Psytroopers tertarik ya!  

Referensi: 

Noe, R. (2013). Employee training & 

development. New York: McGraw Hill. 

Penulis: 

Dinanda Rizqiannisa Putri