Nama / NIM : Adinda Restantya L. (2301912302), Nabilah Sahrifani P. U. (2301914951) Tempat Magang : Kementerian Perhubungan Republik Indonesia
Faculty Supervisor : Dr. Anggita Dian Cahyani, S.Psi., M.A.

Pada saat ini kami sudah menyelesaikan program dari Universitas Bina Nusantara, yaitu enrichment program track internship di Kementerian Perhubungan Republik Indonesia. Selama magang, kami dan rekan magang yang lain ditempatkan di Direktorat Sarana Transportasi Jalan bagian kepegawaian sebagai Human Resources Management. Dalam kurun waktu 4 bulan, kami telah menyelesaikan beberapa pekerjaan ataupun proyek yang berkaitan dengan psikologi yaitu mengevaluasi kinerja pegawai, mengukur tingkat stress para pegawai STJ dan sekaligus memberikan solusi untuk mengatasi stres berdasarkan teori Psikologi melalui proyek “Stress Management”. dan penulisan artikel STJ Insight terkait teori-teori Psikologi yang berkaitan dengan psikologis pegawai. Selain itu, kami juga diberikan kesempatan untuk melakukan kegiatan atau pekerjaan/tugas tambahan di luar bidang psikologi, seperti melakukan kunjungan ke BPLJSKB (Balai Pengujian Laik Jalan & Sertifikasi Kendaraan Bermotor), di sana kami mendapatkan pengetahuan baru mengenai bagaimana cara pengujian kendaraan bermotor, kami juga melakukan kunjungan ke HINO yang mana kami mendapatkan pengetahuan baru mengenai safety equipment yang terdapat pada pabrik HINO, cara penyimpanan barang-barang di rak agar terorganisir (mulai dari barang fast moving, medium moving, hingga low moving), dan juga sosialisasi-sosialisasi yang diselenggarakan oleh Direktorat Sarana Transportasi Jalan. Selain itu, kami juga diajarkan bagaimana mendisposisi surat, membuat nota dinas, rekapitulasi absen pegawai.

Kegiatan ataupun pekerjaan yang telah kami lakukan di atas, kami sesuaikan dengan learning plan yang telah diberikan oleh BINUS. Pada learning plan tersebut memiliki Employability and Entrepreneurial Skills dan Technical Competencies yang mana untuk EES, seperti Applied Management Skills, Critical and Creative Thinking, Adaptability, Initiative, Growth Mindset, dan Collaboration, kami merasa bahwa kami mengalami peningkatan dengan bimbingan serta arahan dari pihak Kemenhub. Sementara itu, untuk Technical Competencies, kami juga mengalami peningkatan karena kami berhasil mengaplikasikan technical competencies “Ability to design or conduct an intervention program to tackle an issue in industry” melalui proyek yang kami lakukan dan hasil proyek tersebut sangat bermanfaat bagi Kemenhub untuk lebih aware terhadap psikologis para pegawainya.

Menurut kami, setelah menyelesaikan magang di Direktorat Sarana Transportasi Jalan, Kementerian Perhubungan, kami merasa diterima dengan baik dan mendapatkan banyak sekali pengalaman baru yang belum tentu kami dapatkan di tempat lain. Selain itu, Direktorat Sarana Transportasi Jalan juga memiliki lingkungan kerja yang baik karena kami melihat bahwa antar pegawai yang satu dengan yang lain saling membantu dan membackup satu sama lain. Hal itu juga kami rasakan karena saat kami mengalami hambatan atau kesulitan saat mengerjakan pekerjaan, pihak Kemenhub selalu bersedia untuk membantu serta mengarahkan kami. Tidak hanya itu, kami juga merasa senang dan berkesan karena Di Direktorat Sarana Transportasi Jalan beberapa kali mengadakan acara internal, seperti munggahan (tradisi menyambut ramadhan), purnabakti, pelepasan mutasi pegawai eselon III, dan penyambutan CPNS baru yang diselenggarakan dengan meriah termasuk pemberian hadiah atau kenang-kenangan dan ditutup dengan makan-makan bersama. Pada acara-acara tersebut kami menyadari bahwa Direktorat Sarana Transportasi Jalan sangat menghargai dan mengapresiasi pegawainya. Lalu, kami juga merasakan kehangatan dan kebersamaan di Direktorat Sarana Transportasi Jalan karena kami turut diajak oleh pegawai untuk makan siang bersama di luar pada saat istirahat. Kami merasa keberhasilan kami dalam menyelesaikan magang ini tidak luput dari bantuan kak Anggita selaku faculty supervisor yang selalu membimbing dan memberikan dukungan kepada kami dalam melaksanakan magang, pak Danto selaku Direktur Sarana Transportasi Jalan yang telah memberikan kami kesempatan untuk melaksanakan magang di Direktorat Sarana Transportasi Jalan, pak Tri selaku site supervisor yang juga selalu memberikan arahan serta bimbingan kepada kami mengenai pekerjaan, mba Mumu dan mba Dewi yang selalu memberikan bantuan dan semangat, rekan magang kami, Anastasia dan Dinda yang selalu bekerja sama untuk menyelesaikan seluruh pekerjaan, serta kepada seluruh pegawai Direktorat Sarana Transportasi Jalan yang telah menerima kami dan membimbing kami dengan baik.