Level Up! Find Yourself, Develop Yourself merupakan acara yang diselenggarakan oleh Student Advisory and Support Center (SASC) dan berkolaborasi dengan jurusan psikologi BINUS University @Bekasi. Acara ini diadakan pada tanggal 10 Maret 2023 sebagai bentuk dari bimbingan akademis kolektif. Acara ini dibuat karena timbulnya rasa keresahan pada diri mahasiswa baru, khususnya pada BINUSIAN 2026 jurusan psikologi yang memasuki semester 2 perkuliahan. Keresahan yang dimiliki oleh mahasiswa ini dikarenakan transisi dari masa sekolah SMA ke perkuliahan dan ditambah lagi dengan adaptasi dengan lingkungan sosial yang baru. 

Student Advisory and Support Center (SASC) bersama Jurusan Psikologi, diwakili Dr. Pingkan Cynthia Belinda Rumondor, S. Psi., M. Psi., Psikolog merancang susunan workshop ini dengan memasukan permainan “Who Am I?” menggunakan Johari Windows. Permainan ini berguna untuk mengetahui sifat apa saja yang dimiliki oleh diri mereka. Permainan kedua adalah “I Will GROWS” yang menggunakan GROWS (Goal, Reality, Options, Will, and Support) sebagai langkah selanjutnya untuk menyusun strategi mahasiswa dalam mencapai tujuan mereka pada masa perkuliahan berlanngsung. Terakhir, mahasiswa diminta untuk membuat Vision Board yang nantinya akan mereka hias sesuai kreativitas mereka dan hasil pekerjaan mereka akan dikumpulkan kepada dosen Academic Advisory (AA) mereka masing-masing.  Workshop ini dibagi menjadi 2 sesi yaitu sesi pagi dan sore, antusiasme mahasiswa terlihat dari banyaknya jumlah mahasiswa yang mendaftar dan mengikuti acara.  Sesi kedua dibawakan oleh Dr. Rani Agias Fitri, M.Si., Psikolog.

Mahasiswa yang mengikuti workshop Level Up! Find Yourself, Develop Yourself ini diharapkan dapat memahami tentang diri dan tujuan hidupnya. Pemahaman ini dapat membantu mahasiswa mengembangkan dirinya dan mengatasi adanya identity vs cofusion.  Hasil evaluasi acara memperlihatkan bahwa setelah mahasiswa mengikuti kegiatan workshop ini, mereka lebih memahami  topik pembelajaran, materi sesuai dengan kebutuhan mereka sebagai mahasiswa dan juga materi yang diberikan sesuai dengan tujuan pembelajaran.  

 

Penulis: Alisyah Zada Nashita 

Psychology, BINUS University 

alisyah.nashita@binus.ac.id 

 

Editor: Dr. Pingkan C. B. Rumondor, M.Psi., Psikolog