Pada akhir masa sekolah, tepatnya di kelas 3 SMA, siswa dan siswi Sekolah Menengah Atas diminta untuk menentukan pilihan mereka dalam memilih jurusan dan perguruan tinggi. Dalam pemilihan jurusan dan perguruan tinggi ini yang mereka minati juga seringkali berhadapan dengan rasa “galau” memikirkan kelebihan serta kekurangan baik dari jurusan yang mereka minati dan juga perguruan tinggi yang akan mereka pilih nantinya.

Untuk membantu para siswa dalam memilih jurusan yang tepat, Jurusan Psikologi Universitas Bina Nusantara mendatangi SMA Bina Nusantara Vida Bekasi untuk memberikan trial class mengenai pengenalan kepribadian. Hal ini karena memahami kepribadian dapat membantu seseorang melihat potensi dan hal-hal yang perlu dikembangkan dari diri, untuk mempersiapkan mereka menempuh jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Acara ini disampaikan dalam bentuk seminar secara tatap muka di SMA Bina Nusantara Vida Bekasi dalam 4 sesi yang berlangsung selama 2 hari yaitu 25 dan 26 Mei 2023.


Pembicara yang merupakan tim dosen dari jurusan psikologi menjelaskan definisi kepribadian dan menjelaskan faktor-faktor yang membentuk kepribadian seseorang. Tim dosen yang terlibat dalam acara ini adalah: Dr. Pingkan Cynthia Belinda Rumondor, S.Psi, M.Psi, Danika Nurkalista, S.Psi., M.Psi., Katarina Ira Puspita, S.Psi., M.Psi., Dr. Yosef Dedy Pradipto, L.Th., M.Hum., M.Si., Aryo Edhie Nugroho, S.Psi., M.Sc. Acara juga didukung oleh beberapa mahasiswa yang bertugas mengobservasi acara dan membuat laporan kegiatan.

Dosen menjelaskan bahwa ada cara-cara yang kurang ilmiah untuk ‘menebak’ kepribadian seseorang, misalnya melalui astrology ataupun bentuk wajah. Akan tetapi, dalam ilmu psikologi, ada cara yang lebih valid untuk menggambarkan kepribadian seseorang, misalnya dengan cara observasi, wawancara dan mengerjakan test kepribadian. Setelah mendengarkan pengantar mengenai kepribadian, peserta juga diajak mengisi test kepribadian online untuk mengetahui kadar lima faktor kepribadian dalam diri mereka. Setelah mendapatkan hasil test, siswa diajak merefleksikan apa yang sesuai dan kurang sesuai dari test tersebut, serta bagaimana cara memanfaatkan informasi tersebut untuk pengembangan diri mereka. Siswa tampak tertarik dengan hasil tes mereka dan aktif bertannya. Acara diakhiri dengan memberikan suvenir pada peserta yang aktif bertanya.

 

Penulis:

Alisyah Zada Nashita

Psychology, BINUS University @Bekasi

alisyah.nashita@binus.ac.id

 

Editor:

Dr. Pingkan C. B. Rumondor, M.Psi., Psikolog