Program studi atau jurusan yang akan dipilih untuk kuliah menjadi salah satu hal yang sangat penting untuk dipertimbangkan oleh siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) ketika mereka ingin melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Namun, sampai saat ini masih banyak siswa SMA yang masih mengalami keraguan dalam memilih jurusan yang akan mereka tempuh.  Untuk membantu para siswa SMA mengenal lebih dalam program studi yang ada di perguruan tinggi, maka Jurusan Psikologi Universitas Bina Nusantara mengundang SMA Kristen BPK Penabur 1 Cirebon untuk menghadiri Trial Class Psikologi. Acara ini disampaikan dalam bentuk seminar secara tatap muka di kampus Universitas Bina Nusantara at Bekasi pada 14 April 2023.

Para siswa diberikan pengenalan apa itu ilmu psikologi, dalam pembahasannya siswa diberikan penjelasan mengenai apa itu psikologi, pengertian dari perilaku, bagaimana proses mental terbentuk, tujuan dari mempelajari perilaku manusia, dan karir apa saja yang bisa didapat sebagai lulusan psikologi. Ilmu psikologi merupakan bidang ilmu yang mempelajari perilaku dan proses mental yang ada pada manusia, perilaku sendiri memiliki pengertian sebagai hal yang kita lakukan dan bisa diamati secara langsung contohnya seperti mengetik, berbicara sambil tersenyum, membuka Instagram, cara kita berjalan, dan masih banyak lagi. Berikutnya adalah proses mental, proses mental merupakan pengalaman yang dialami oleh manusia tetapi tidak dapat diamati secara langsung, misalnya seperti pikiran, perasaan dan motif (alasan mengapa seorang individu melakukan perilaku tersebut).

Pada trial class yang berjudul “Teknik Relaksasi Anti Stress” yang dibawakan oleh Dr. Pingkan C. B. Rumondor, M.Psi., Psikolog dan Dr. Rani Agias Fitri M.Si., Psikolog ini juga membahas gejala apa saja yang akan dialami jika seseorang sedang menghadapi stres. Seseorang yang sedang mengalami stres akan merasakan gejala dari fisik, emosi, dan juga perilaku. Narasumber juga mengajak siswa dan siswi SMA Kristen BPK Penabur 1 Cirebon untuk berdiskusi secara interaktif. Rasa keingintahuan siswa dan siswi SMA Kristen BPK Penabur 1 Cirebon tampak tinggi karena banyak dari siswa maupun siswi memberikan pertanyaan kepada kedua pembicara.

 

Penulis:
Alisyah Zada Nashita

Psychology, BINUS University @Bekasi Campus

alisyah.nashita@binus.ac.id

 

Editor: Dr. Pingkan C. B. Rumondor, M.Psi., Psikolog