Oleh Della Zakia Ardiani (2602213681)
Jurusan Psikologi Universitas Bina Nusantara Bekasi

Pada tanggal 30 Maret hingga 6 April 2023 silam, saya mengikuti salah satu cabang perlombaan psikologi yang diadakan oleh Universitas Pelita Harapan (UPH). Saya mengikuti Lomba Esai Nasional PsychoPaper PV 14 UPH yang mengangkat tema self – adjustment atau penyesuaian diri. Lomba esai ini diadakan secara online selama kurang lebih tiga minggu sebelum pengumpulan karya dan acara penutupan pengumuman pemenang lomba.

Pada awalnya, saya tertarik untuk mengikuti lomba esai nasional yang diadakan oleh UPH ini karena saya memiliki ketertarikan dalam menulis di bidang psikologi. Pada tahun 2022 akhir, saya menyadari bahwa hobi menulis saya yang pada awalnya saya gunakan untuk melepaskan stress pada diri sendiri saja ternyata dapat digunakan sebagai salah satu langkah saya untuk mencapai cita – cita saya yaitu membantu orang lain dengan ilmu psikologi. Semenjak saat itu, saya mulai mencoba untuk mengikuti beberapa lomba esai atau artikel dengan tema psikologi yang diadakan baik di dalam kampus maupun di luar kampus; salah satunya adalah Lomba Esai PsychoPaper PV 14 UPH ini.

Pada kesempatan kali ini, saya mendapatkan bantuan dari pihak kampus yaitu PSYFEEDS dalam mengikuti perlombaan. PSYFEEDS merupakan salah satu program kerja HIMPSIKO Binus University yang memberikan dukungan bagi para mahasiswa/mahasiswi dengan minat untuk mengikuti berbagai jenis lomba baik internal maupun eksternal. Adapula persiapan lomba secara garis besar yang saya lakukan yaitu pembuatan draft esai, konsultasi dengan dosen pembimbing, pembuatan karya esai, dan finalisasi karya esai. Pembuatan draft esai meliputi penentuan tema, penentuan subtema, penentuan judul, pencarian permasalahan terkini terkait tema yang dipilih, serta solusi yang ditawarkan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Konsultasi dengan dosen pembimbing meliputi diskusi terkait judul, permasalahan yang diangkat, teori – teori psikologi yang mendukung, struktur penulisan esai, dan diskusi terkait kesulitan yang dialami. Terakhir, pembuatan karya esai dan finalisasi karya esai saya lakukan dengan melakukan beberapa pengecekan kembali struktur bahasa karya esai yang telah dibuat dan penyesuaian karya esai dengan rubrik penilaian pada booklet ketentuan lomba.

Beberapa waktu setelah pengumpulan karya esai, saya mendapatkan sebuah e-mail yang menyatakan bahwa saya merupakan salah satu pemenang lomba di Lomba Esai PsychoPaper PV 14 UPH. Pada saat itu, saya diminta oleh pihak UPH untuk menghadiri Closing Ceremony atau acara penutupan karena pengumuman pemenang lomba akan dilakukan. Pada tanggal 6 April 2023, saya menghadiri Closing Ceremony tersebut dan meraih Juara 3 pada Lomba Esai PsychoPaper PV 14 UPH.

Pengalaman ini merupakan pengalaman yang berharga bagi saya. Saya tidak hanya belajar cara – cara menulis yang baik dan isu – isu psikologi yang menarik, tetapi saya juga belajar hal – hal baru tentang diri saya sendiri. Saya belajar bahwa untuk mencapai keinginan dan tujuan hidup saya, saya harus melakukannya dengan penuh kasih sayang dan penuh cinta. Memenangkan suatu perlombaan merupakan suatu hal yang menakjubkan tetapi mengetahui bahwa saya dapat memberikan sedikit kontribusi kepada masyarakat melalui acara perlombaan ini merupakan suatu hal yang melampaui menakjubkan – sangat indah bagi saya.