Pada hari jum’at, 17 Maret 2023 Food Court, Binus Anggrek @Kemanggisan mengadakan expo bulanan atau yang dikenal sebagai Monthly Festival (MoFest). MoFest merupakan acara yang diselenggarakan untuk memperkenalkan berbagai jurusan yang terdapat di Binus Kemanggisan agar para mahasiswa dapat memiliki informasi lebih luas lagi mengenai berbagai jurusan tersebut. Tujuan lain dari kegiatan MoFest yaitu memberikan ruang dan waktu untuk bersantai sejenak, menikmati musik, penampilan-penampilan dan mengikuti permainan, mensosialisasikan dan mengimplementasikan kembali Binusian Values “SPIRIT” dan BGA dalam pelaksanaannya, meningkatkan engagement mahasiswa pada khususnya dan dosen serta karyawan pada umumnya terhadap kampus, meningkatkan branding kampus melalui publikasi media sosial terkait kegiatan Friday MoFest. Salah satu jurusan yang diberi kesempatan untuk hadir dalam MoFest ini yaitu jurusan psikologi. Jurusan psikologi ditunjuk untuk memperkenalkan alat tes seperti finger dexterity untuk mengukur kemampuan seseorang dalam mengerjakan benda kecil dan mengontrol jari seseorang, serta attention distraction untuk mengukur atensi seseorang.  Mahasiswa yang ingin mencoba alat tersebut akan diberikan arahan dalam menggunakannya dan diberikan penjelasan kegunaan dari masing-masing alat tersebut. Setelah mahasiswa dapat memahami cara kerja alat tersebut mahasiswa dipersilahkan untuk mencoba dengan didampingi oleh pihak Lab Psikologi Binus dalam mengoperasikan alat tes tersebut. Masing-masing alat tes memiliki waktu pengerjaan yang mana dari waktu tersebut akan didapatkan sebuah hasil mengenai ketepatan atau ketelitian seseorang dalam mengoperasikan ala tes tersebut.

Di acara MoFest kemarin, tidak hanya mahasiswa dari jurusan psikologi saja yang turut berpatisipasi dalam mencoba mengoperasikan alat tes tersebut, melainkan juga terdapat mahasiswa dari jurusan lain yang turut serta ikut dalam mengoperasikannya. Para mahasiswa baik dari jurusan psikologi maupun non-psikologi ini sangat bersemangat dalam menggunakan alat tes tersebut. Sering kali mereka mengajukan pertanyaan mengenai fungsi dari alat tes tersebut dan bagaimana tata cara dalam mengoperasikannya. Mahasiswa yang sudah memiliki kemauan dalam mencoba mengoperasikan alat tes tersebut diberikan merchandise seperti pulpen, buku catatan, dan pin yang memiliki lambang psikologi Binus sebagai bentuk apresiasi dari pihak jurusan psikologi atas partisipasi yang telah dilakukan. Setelah mahasiwa sudah mendapatkan merchandise, mereka akan diminta untuk menyampaikan kesan pesan setelah mencoba untuk mengoperasikan alat tes tersebut. Para mahasiswa ini mengatakan bahwa menggunakan alat tes tersebut cukup membutuhkan ketelitian dan kefokusan yang tinggi karena terdapat beberapa distraksi seperti suara dari sound system yang besar dalam memutarkan lagu sehingga hal ini cukup menganggu ketelitian dan kefokusan mereka. Beberapa mahasiswa juga mengatakan bahwa dalam mengoperasikan alat tes tersebut sangat seru dan menarik karena sebelumnya mereka belum pernah mencoba alat tes tersebut sehingga hal ini membuat rasa penasaran dan daya pikat mereka untuk mencoba alat tes tersebut semakin tinggi.

Secara keseluruhan acara MoFest sangat membantu berbagai jurusan yang terdapat di Binus @Kemanggisan menjadi lebih dikenal oleh para mahasiswa di berbagai jurusan lain. Dengan dihadirkan booth-booth dari tiap-tiap jurusan ini dapat membantu meningkatkan popularitas dari jurusan tersebut agar dapat dikenal secara lebih luas lagi oleh para mahasiwa. Selain itu, acara ini dapat menumbuhkan rasa solidaritas antar jurusan yang satu dengan jurusan yang lain bahwa tiap-tiap jurusan yang terdapat di Universitas Bina Nusantara memiliki kualitas yang tentunya sama-sama baik dan siap untuk mengukir berbagai prestasi di masing-masing bidang.

Penulis : Lystia Herawati