Pada sabtu 14 januari 2023, Universitas Binus Bekasi kembali membuka kesempatan kepada 17 siswa/siswi SMA yang ingin merasakan kehidupan perkuliahan di Binus dengan diadakannya kegiatan trial class yang berjalan selama 60 menit, di mana salah satunya adalah kelas psikologi kepribadian yang dipandu oleh Dr. Esther Widhi Andangsari, M.Si., P.si. selaku dosen psikologi di Universitas Binus Bekasi. Pada kesempatan kali ini, kegiatan trial class dimulai dari jam 10.30-11.30 WIB tepatnya pada ruangan 412.

Dengan tema materi “Bring Out The Best of Me” Trial class ini Siswa/Siswi diharapkan agar dapat memahami diri sendiri melalui konsep psikologi kepribadian, selain itu murid juga diharapkan untuk dapat menerapkan konsep dari psikologi kepribadian dalam kehidupan sehari-hari. Trial class dimulai dengan menjalankan ice breaking menggunakan Mentimeter. Pada kegiatan ini peserta diminta untuk menjawab pertanyaan yang disediakan melalui Mentimeter, di mana pertanyaan yang diberi, bertujuan melihat sejauh mana peserta mengenali diri mereka sendiri dan bagaimana kepribadian diri yang mereka inginkan kedepannya.

Pertanyaan-pertanyaan yang diberi kepada peserta, menjadi pintu awal dibukanya materi pada kegiatan trial class. Bu Esther selaku dosen pemandu trial class menjelaskan konsep diri (the self) atau bagaimana manusia menggambarkan diri mereka sendiri, dan diri ideal (ideal self) sebagai gambaran diri yang diinginkan di masa depan, tujuannya adalah memahami konsep diri mereka saat ini dan bagaimana mewujudkan diri ideal mereka.Setelah mengikuti kegiatan ini peserta diharapkan dapat mengetahui apakah konsep diri (the self) dan diri ideal (ideal self) yang diinginkan berkesinambungan atau dalam artian mereka telah mencapai potensi penuh dalam diri mereka dan menjadi healthy person (congruence), atau apakah diri ideal yang diinginkan peserta masih berjarak dengan realita konsep diri mereka saat ini dan mereka belum bisa mencapai well being mereka dan masih menjadi unhealthy person (incongruence).

 

Penulis dan kredit foto:
Ananda Vidyawati Usman (2440124462)
Chenzy Christy Runtunuwu (2440117646)