Pada tanggal 9 Desember 2022, Tim VR Project Jurusan Psikologi BINUS mengadakan pertemuan dengan tim SHINTA VR, untuk mendiskusikan penggunaan program VR Ruang Otak dalam pembelajaran mahasiswa Psikologi BINUS. Kegiatan ini merupakan bagian dari Program Studi Independen yang didanai oleh Hibah Kampus Merdeka tahun 2022. Pertemuan dimulai pada pukul 9.30 pagi, dan berlanjut hingga jam 12.00 siang WIB. Pertemuan ini dihadiri oleh pihak BINUS University, yaitu: Raymond Godwin, S.Psi., M.Si, Pingkan Cynthia Belinda Rumondor, S.Psi, M.Psi, Aryo Edhie Nugroho, S.Psi., M.Sc., serta beberapa anak magang Learning Support VR Project. Sedangkan Andrew Steven Puika serta tim dari SHINTA VR turut menghadiri pertemuan tersebut. 

Kegiatan pertama yang dilakukan dalam meeting ini adalah sesi perkenalan, dimana kedua tim saling berkenalan diri, setelah itu, tim VR Project Psikologi BINUS melakukan sebuah presentasi berisikan storyboard program VR yang sudah direvisi dan sebuah konsep modul pembelajaran yang berguna untuk menggambarkan penggunaan program VR Ruang Otak dalam kelas Biopsychology. Setelah itu, pihak SHINTA VR memberikan masukan – masukan dan tanggapan dari presentasi yang diberikan. Pihak BINUS juga selanjutnya memberikan tanggapan – tanggapan berupa ide – ide untuk lanjutan perkembangan program VR tersebut, seperti fitur – fitur baru, dan penggunaannya dalam pembelajaran.  

Setelah selesai sesi diskusi, dosen – dosen BINUS menguji coba program VR Ruang Otak yang sudah dibuat sejauh ini. Ibu Pingkan Rumondor dan Pak Aryo Edhie Nugroho, berkesempatan mencoba VR Ruang Otak sementara peserta lain dapat menonton dari layar TV. Walaupun masih dalam pengembangan, layout dan konsep yang diajukan di storyboard sudah sesuai dengan keinginan tim BINUS. Dalam sesi ini, tim VR BINUS juga memberikan saran dan tanggapan – tanggapan berhubungan dengan program yang sudah dikembangkan sejauh ini. Salah satu rencana tindak lanjut yang didiskusikan ialah skripsi mahasiswa yang akan melibatkan Shinta VR. Kegiatan dilaksanakan dengan diskusi yang antusias dan saling memberi feedback yang positif mengenai pengembangan program VR Ruang Otak.
 

Terakhir, pertemuan pun ditutup dengan saling bersalaman antar pihak, dan pengisian form absensi untuk bukti kehadiran semua anggota yang telah hadir dalam pertemuan hari itu. Pertemuan antara BINUS University dengan SHINTA VR ini membuahkan banyak hasil positif dalam pengembangan program VR Ruang Otak. 

Penulis: Prayudha Tri Utomo

Editor: Pingkan C. B. Rumondor