Poster ini mengangkat tentang keputusasaan pelajar untuk meraih standar akademik (diri ideal) menggunakan topik Grit. Tujuan kelompok mengangkat fenomena ini adalah mendorong para pelajar untuk tidak mudah menyerah dalam mencapai diri ideal, yaitu standar akademik. Selain itu, agar para remaja tidak mudah menyerah untuk menghadapi tantangan dalam meraih standar akademik yang diterapkan dan ingin dicapai. Sedikit mengenai teori The Self oleh Carl Rogers, ia menyatakan bahwa kepribadian terdiri atas diri
sejati (real self) dan diri ideal (ideal self). Diri sejati merupakan siapa diri kita yang sebenarnya, sedangkan diri ideal merupakan apa yang kita inginkan. Perlu diketahui, bahwa apabila diri sejati dan diri ideal tidak seimbang, dapat menyebabkan kerentanan psikologis pada orang tersebut. Salah satunya adalah mengarah pada putus asa. Individu yang putus asa memiliki ciri-ciri sebagai orang yang tidak memiliki motivasi dan harapan, serta kesepian.
Keputusasaan tersebut disebabkan oleh beberapa faktor, seperti kurangnya dukungan emosional, pengalaman traumatis, pola pikir negatif, dan keadaan stres. Menurut kelompok untuk mengatasi keputusaaan tersebut dapat digunakan Grit, yaitu ketekunan dan semangat yang dimiliki seseorang untuk mampu melaluisemua tantangan dan kesulitan yang dihadapi dalam mencapai apa yang diinginkan dan mencapai keberhasilan. Apabila menerapkan Grit, orang akan lebih mengenali diri sendiri, tidak mudah menyerah, dan meningkatkan fokus. Hal yang dapat dilakukan pelajar untuk mencapai standar akademik adalah dengan berani mencoba untuk aktif di kelas, belajar dengan tekun, mengerjakan tugas dengan maksimal, fokus pada tujuan, teruslah belajar dan berlatih, serta optimis dan percaya diri. Dengan menerapkan Grit dan melakukan hal-hal tersebut, diharapkan diri ideal terkait standar akademik akan dapat terwujud.

Pembuat poster dan tulisan adalah mahasiswa semester 3 jurusan Psikologi BINUS Bekasi, yaitu:

Nabila Arini Putri Haedi (2501997312), Adinda Nurul Izzah (2502045430), Najwa Fakhriyahputri Feriyanto (2502038822)

Catatan: poster ini diikutsertakan dalam Psychompilation National 2022

Pembimbing: Rani Agias Fitri